Thursday, December 02, 2010

Our Share

Pada bulan November yang baru saja berlalu, ketika kami sedang berada di Jakarta untuk mengikuti sebuah pelatihan dari Yakoma – PGI, kami yang sempat menginap di rumah kediaman keluarga Pdt. Halomoan Simanjuntak, STh dan diberlakukan layaknya sebagai adik dengan penuh kekeluargaan oleh beliau yang merupakan Pimpinan Jemaat HKI Resort Khusus Pulo Mas, kami diberi kesempatan untuk mengajar kelas sidi. Dan sebagai bahannya berketepatan diambil dari “Mengasihi Orangtua”. Dari proses belajar di dalam kelas bersama dengan para peserta sidi, ada beberapa hal yang dapat disharekan kepada pembaca khususnya kaula muda HKI:


Sebagai anak apa yang kita rindukan untuk orangtua kita lakukan kepada kita?
1. Yang saya rindukan untuk orangtua saya lakukan kepada saya adalah orang tua saya dapat memberikan kepercayaan kepada saya bahwa saya dapat berjaga diri.
2. Yang saya rindukan yang orang tua lakukan pada saya adalah bersikap adil kepada anak-anaknya.

3. Yang saya rindukan agar orangtua berlakukan saya sama seperti memperlakukan adik dan kakak saya.


Sebagai anak apa yang bisa kita lakukan sebagai wujud menghormati orang tua kita?

1. Yang bisa saya lakukan sebagai wujud menghormati orang tua adalah berdoa agar mereka selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang, belajar dengan baik, melakukan apa yang diinginkan mereka, dan merawat mereka ketika mereka sudah tua nanti.
2. yang saya lakukan sebagai wujud menghormati orangtua adalah membantu mereka tanpa di minta, berusaha tidak mengeluh ketika disuruh, belajar yang rajin supaya orang tua bangga dengan prestasi kita di sekolah.


Bila kita jadi orang tua, apa yang kita mau lakukan kepada anak-anak kita? Lalu bagaimana perasaan kalau kita tidak mendapat penghormatan dari anak-anak kita?

1. Bila saya menjadi orang tua, yang akan saya lakukan adalah mengajari mereka untuk lebih dekat dengan Tuhan, menyayangi dan mengasihi, mencukupi kebutuhan mereka, mengajari mereka untuk bersikap sopan dalam tutur kata dan tindakan dimana pun mereka berada dan dengan siapapun mereka bertemu dengan orang lain. Perasaan saya apabila saya tidak mendapat penghormatan dari anak-anak saya adalah saya sangat merasa sedih.

2. Yang saya lakukan kelak saya menjadi orang tua adalah menjaga dan merawatnya, mencukupi kebutuhannya, mengajarnya bagaiman bersikap/ berbuat dan berkata yang baik, mendekatkannya kepada Tuhan seperti mengajaknya untuk rajin ke gereja, dan membelikan buku-buku cerita yang berhubungan dengan firman. Perasaan saya sangat kecewa dan merasa sangat sedih.


Nah, dari share di atas, semoga kita dapat lebih lagi menemukan arti mengasihi orangtua kita masing-masing; dan bagaimana jika kita yang berada di posisi orangtua kita? Firman Tuhan dalam Keluaran 20:12 berpesan "Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu". Tuhan memberkati. (yph)