Friday, June 18, 2010

Artikel Edisi Juni-Juli 2010


INGKON JAHOWA DO OLOANNAMI

(Josua 24 : 15b)

(Pdt. Firman Sibarani, MTh)


Patujolo


Tinggil do begeonta sadari on sada padan sian Bibel, buku na badia i na gabe tema ni rapotta ima “Ingkon Jahowa do oloannami” (Josua 24 : 15b). Marmula sian padan ni si Josua do i dohot donganna sajabu na mangerbang gabe padan ni donganna sabangso “Israel”. Nuaeng asa mangerbang i muse gabe padanta paboa na ingkon Jahowa do oloanta.


Tinggil do nang angka soara ni portibi on manjouhon asa oloanta i songon uju i tu bangso Israel di na tongon di pardalanan manuju tano Kanaan. Tinggil soara ni mammon nang sangap tano on mangela hita asa olo toguonna lao lilu tu nadao, ima dao sian Debata, gabe marhaposan tu mammon nang sangap tano on, ndang be tu Debata.


Hombar tu hajongjongan ni tema on di turpuk panguhalanna, dijouhon do asa tangkas, togu, ture hasadaon ni bangso Israel niuluhon ni si Josua laho manghobasi Debata. Padan na marrumang konfesi on manghatindangkon paboa Israel songon bangso ni Debata ingkon holan mangoloi Jahowa do jala tung so manadingkon Jahowa laho mangoloi debata sileban.


Ditogu tema on do hita asa marpadan mandok “Ianggo hami Konven Pendeta HKI ingkon Jahowa do oloannami”. Dohonon ma on songon Amphiktioni Konven Pendeta HKI taon 2010 di Parapat. Mardomu tusi pahebaon ma aha jala songon dia do rumang ni na mangoloi Jahowa.


1. Marsomba tu Debata

Denggan do molo tauji pahebahebahon terjemahan ni ayat tema on asa dapot pangantusion na umbidang.

Josua 24 : 15, “........; alai anggo ahu dohot donganku sajabu, ingkon Jahowa do oloannami” (LAI, Jakarta 2006).

“........; tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN” (LAI, Jakarta 2005).

“.........; But as for me and my household, we will serve the LORD” (The Interlinear NIV Hebrew-English Old Testament, ZPH Grand Rapids Michigan)


Sian angka terjemahan na diginjang i, taparait ma ia pangantusion ni pandohan “oloannami” ima beribadah, marsomba, marhaposan, mengabdi, manghobasi. Paltak ma antusan ia lapatan ni tema on ima padan na mandok ia bangso Israel beribadah marsomba manang marhaposan holan tu Debata, holan mangoloi Debata jala manghobasi Debata.


Dung di dolok Sinai, lam tangkas ma Israel songon bangso na tarpillit. Diptangkas do i marhitehite padan, ima nasida gabe bangso ni Debata jala Jahowa gabe Debata nasida. Gabe panindangion do i na sai mulak- ulak diparatarata (di Sichem, Bethel, Silo, Gilgal) asa sai tongtong imbaru padan i. Dibagasan upacara padan adong do aksi mambolongkon angka ulaula hasipelebeguon/ganaganaan/debata sileban dohot pasahathon angka pelean parsombaon tu Debata.(* ceramah tema di rapat Konven Pendeta HKI tanggal 9-12 Maret 2010 di Parapat)


Rongom do mara bolon na mangela hita di zaman on ima asa marhaposan tu arta portibi. Naboi madabu do hita tu dua pangalaho ima marhaposan tu Debata alai laos marhaposan tu arta portibi. Didok Jesus do “ ndang haoloan sada halak dua induk ! sai hosomanna do na sada, haholonganna do na sada nari, hombaranna do na sada, toisanna do na sada nari. Dang haoloan hamu Debata rap dohot mammon (Mat 6 : 21). Songondia ma na marhaposan tu arta portibi? Tapasobok ma jolo pandohan marhaposan tu arta portibi tu pandohan marhaposan tu hepeng. Na marhaposan tu hepeng ima na manghobasi huria ni Debata ala ni hepeng manang demi hepeng. Pos ni rohana manghobasi huria ni Debata ima molo adong hepeng. Molo so adong hepeng ndang pos rohana. Pos ni rohana ndang tu Debata alai tu hepeng. Dohonon ma hepeng di rohana, rohana tu hepeng. Tongon ma i tu hata ni Jesus na mandok, “Ai ia disi artam disi do roham”(Mat 6 : 21). Lapatanna roha na mengabdi tu hepeng. Molo pangalaho na marsomba tu Debata ima mengabdi holan tu Debata. Na so jadi mengabdi tu hepeng. Ia hepeng pangkeon songon alat pengabdian tu Debata. Denggan ma lam godang luluan hepeng alai asa lam balga pengabdian tu Debata.


Sada rumang ni namarsomba tu Debata ima mangalehon pelean tu Debata. Lapatanna mamelehon diri dohot na adong di diriniba tu Debata (pah Rom 12 : 2). Asa di na manghobasi huria ndang tama pangalaho “godang mangido” “mangido godang” tu huria alai “godang mangalehon” “mangalehon godang” tu huria. Tarpatudos jalan di tempat do HKI on di godang segi. Di angka segi na tertentu tartading hita dibanding tu doras ni parlojong ni hamajuon ni portibi on. Molo sinungkun boasa songon i otik hamajuon i ? Boasa songon i lambat asa maju HKI on? Alusna ala otik hita manabur (Pah 2 Kor 9 : 6). Mendesak pangoluon jala pabalgaonta ibadah godang manabur. Tabotoma na mangalehon tu HKI na pasangap Debata do i (Pah Joh 15 : 8). Godang mangalehon ima na godang pasangap Debata (Pah Luk 7 : 47). Marsomba tu Debata marhite na godang mangalehon tu HKI ido sigogoan. Onma panjouon i, mangalehon tu HKI arta hamoraon asa tamba naung adong i, unang moru. Asa tamba ma ruas, tano, gareja, rumah dinas, mobil, rodi hamoraon na patut na asing.


Nuaeng taringot tu na mangalului hasangapon tano on. Panjouon tu hita ima manghobasi Debata sian hundulan, ndang mangalului hundulan asa hundul sumonang jala asa sumangap. Molo mangalului hundulan asa sumonang jala sumangap na manghobasi diri do i, na mengabdi tu diri. Marsomba tu Debata ondo, mengabdi tu Debata laho pasangap Ibana. Na mangalului hasangapon do si Jakkobus dohot si Johannes angka anak ni si Sebedeus. Bisuk nasida mamakke kesempatan di na mangihuthon Jesus laho mangalului hundulan na sumangap (Mat 20 : 20-21; Markus 10 : 35-37). Hape molo mangihuthon Jesus ima hinsat sian hundulan (singgasana) laho manuhuk silang. Ia silang ni Jesus na tatuhuk di HKI ima parngoluon ni ruas ni huria HKI dohot institusi HKI. Asa molo lam timbo hundulan di HKI secara struktur marlapatan do i silang na lam borat, ai lam godang jala lam balga silang situhuhon. Jesus mate di hau silang manobus dosa ni torop jolma (Pah Mat 20 : 18, 28; 26 : 2). Dohononma, molo olo mangalului jabatan natumimbo na mangalului silang na umborat do i. Atehe tutu do adong mangalului silang naumborat laho tuhuhonna? Molo tadok ndang boi so inganan ni pandita resort tempat pelayanan/jabu dinas na, ingkon lumobi so boi tu Praeses ala tumimbo jabatan Praeses. Na mangalului silang na umborat di HKI laho tuhuhonna ma na mangalului jabatan Sekjen dohot Ephorus HKI.


2. Sisada hatopan na masihaholongan dohot masiurupan

Angka marga Israel marpungu, martukkar pikkiran asa marsada songon bangso ni Debata. Tubu sada hatopan di tonga-tonga ni angka marga i. Ndang asa dilebur saluhut marga i, alai asa rap marsomba tu Debata paboa bangso ni Debata nasida. Debata do pasadahon angka marga i, ndang sian gogo ni parmudaron manang ompu nasida. Debata do padomuhon, pardomuan di bagasan Debata. Sude sisada pangoloion tu Debata. Molo so sisada pangoloion tubu ma parbolatbolatan.



Sada tanda na mangoloi Debata ima mangaradoti patik ni Debata. Patik ni Debata ndada mangonjar asa tubu huaso ni sasahalak pemimpin manang kelompok. Mangaradoti patik ni Debata marondolan do i tu perikemanusiaan dibagasan ruang na masihaholongan dohot masiurupan. Asa diondolhon do parhahamaranggion, na so adong martirkettirket manang kelompok-kelompok, alai hasadaon na masihaholongan (Pah 3 Musa 19 : 17). Didok Jesus do, “apala sian on ma tandaon ni halak saluhutna, hamu siseanku: molo masihaholongan hamu” (Joh 13 : 35).

Molo nepotisme do, parmudaron, parmargaon dohot kepentingan diri na padomuhon, manang pardomuan dibagasan ni angka i, ndang sejati hasadaon i. Ndang dapot holong na polin di bagasan i. Ai mangurupi asa diurupi do. Tujuanna asa dapot na di rohana, jala tontu na dao umbalga sian na nilehonna. Na patut dihita songon angka naposo ni Kristus ima masiurupan laho pamajuhon HKI marhite na sumeahon diri (Pah Joh 15 : 13).


3. Sisada Partahanan Mangalo Musu Asa Marhamonangan

Molo diserang bangso na asing sada marga ni halak Israel, pintor sada roha, sada sekutu sude marga mangalosa (Pah Jos 24 : 17). On ma sada hasadaon ni Konven Pendeta HKI ima sisada partahanan mangalo musu na manahop. Sotung adong marsekutu tu musu na menyerang dongan pandita. Rap aloonta do manang ise na mambahen naso ture, na mangago daging dohot tondi. Molo adong na manegai HKI asa unang ture, ingkon rap paturehon do hita.

Ianggo musu pangansi do i, songon nidok ni Buku Ende nomor 272 : 2, “Pangansi do musunta i sai songon na burju .........”. Molo sala mangoloi hita jala mangoloi na sala ima angka na mangago donganta dohot do hita hona ansi disi, laos pangansi. Matua hapepeut do sundung ni na mangoloi si songon i. Alai molo Jahowa do taoloi sai hamonangan dohot tua do pangkorhonna tu hita, tu donganta, tu hurianta. Tanda na mangoloi Jahowa ima sisada partahanan hita mangalo musu. Ia partahananta ondo : manolukhon hatigoran, haporseaon, hata ni Debata, mamaritahon dame (pah Ep 6: 14 – 17).


Tongon do hita nuaeng dipartingkian menyongsong Sinode periode nanaeng patupaonta tanggal 10 – 15 Agustus 2010. On ma tingki na mansai denggan patuduhon hasadaonta. Marhite jala dibagasan Sinode on naeng idaon ni ruasta nang portibion hita songon sada pasukan na bolon na sada derap langkah. Ai sada faktor na mansai penting tu hamajuon ni huria ima “hasadaon ni pandita” (korpsgeist). Molo ndang tapatuduhon perasaan satu korps, ndang sangap be idaon ni ruas tohonan dohot jabatanta i, sebagai pribadi nang parhalado. Molo marbolatbolat hita tontu marpangkorhon do i tu naso denggan na mambahen sumurut ngolu parhuriaon ni ruasta. Marsinode ima “sama-sama berjalan”, “berjalan sama-sama” di “jalan yang sama”. Kristus do dalan i (pah Joh 14:6). Asa ndang siulaonta praktek cara-cara mamillit pejabat publik marhite kampanye-kampanye dohot na mangombushon bagabaga hundulan na tumipak, na strategis di huria. Lumobi sotung adong naparoaroa dongan. Molo masa angka praktek si songon i mansai berpotensi do i mambolat hurianta, gabe adong disi kamus “ise dongan - ise alo”. Sipareahanta tangiang ni Tuhan Jesus do :

“ Asa sada nasida saluhutna: songon Ho ale amang, dibagasan Ahu jala Ahu dibagasan Ho, songon i ma nang nasida dibagasan Hita, asa porsea portibi on, Ho marsuru Ahu” (Joh 17:21).

Tutu mansai ringkot do tim sukses di HKI asa sukses. Alai sude do hita tim sukses ima tim sukses ni Debata, tim sukses ni HKI. Dongan ni Kristus do hita sude laho papunguhon, unang gabe alona: napaserakhon (pah Mat 12:30). Hasadaonta ima mensukseskan HKI gabe huria ni Kristus na maju jala na modern na gabe habaoran ni barita haluaon, habaoran ni pasupasu. Huenet pandohan ni Pdt.Dr.Richard Daulay na mandok ia huria ima “rumah doa”, “rumah rohani’, “ spiritual house”, school of souls”. Udutna didok ibana, ia huria i ima “means of grace not means of poison”.


4. Sisada Hasadaon tu Parsaoran Oikumene.

Tontu hasadaonta asa mangerbang do tu hasadaon na umbidang, ndada holan dibagasan hita, alai asa dohot sisada hasadaon tu parsaoran oikumene, parsaoran dohot angka huria na asing. Ndang sitangkasan be pangantusion dohot hangkaman ni parsaoran oikumene dison. Alai niarbis ma dison masa depan parsaoran oikumene ni hurianta HKI dohot HKIP. Niarbis on siala bagian sejarah ni HKI do parjongjong ni HKIP ima na jongjong di tanggal 7 Agustus 1988. Ari hajongjongan ni ‘Badan Penampung” do i dimulana di Pulosiborna. Badan penampung ima laho menampung angka umat HKI na dirajumi nasida tercecer dohot na dicecerkan HKI di na masa parbolatan (perpecahan) di hurianta HKI. Pinaandar i ndada na mangungkit parbadaan na jolo pasibor ateate laho pahembang hamusuon, alai asa lam tangkas tataponta aha parsaoran oikumene sitangiangkonon dohot sipareahanta dompak HKIP. Tagamon ndang holan hubungan oikumene saling menerima dan saling menghargai dohot kerja sama sejarah sipamasaonta alai sahat ma nian tu hasadaon ima, mulak HKIP tu HKI - HKI manjalo mulak HKIP. Uju i masa sejarah buruk nuaeng tapamasa sejarah indah, ujui masa sejarah pahit nuaeng tapamasa sejarah manis.


5. Panimpuli

Ingkon Jahowa do oloannami ima padan sihatindangkononta marhite na sisada hatopan hita marsomba tu Debata, na masihaholongan dohot masiurupan , sisada partahanan mangalo musu asa marhamonangan bahen hamajuon ni HKI na gok parolopolopon, rodi na pahembang parsaoran oikumene asa marroan torop laho mangoloi Debata rap dohot HKI, di HKI.



Menyongsong Sinode HKI 2010

GEREJA ADALAH PERSEKUTUAN ORANG-ORANG PERCAYA


Ketika persatuan tidak di jaga maka tantangan perpecahan mengancam segala aspek kehidupan manusia dan untuk mencapai tujuan, maka di butuhkan suatu kesatuan yang kuat. Dengan adanya persatuan maka masalah-masalah yang mengancam dapat di atasi secara bersama-sama juga.

Secara kemanusian murid-murid Yesus mempunyai perbedaan yang implisit namun secara kerohanian murid-murid bersatu di dalam persekutuan dengan Yesus. Murid-murid bersatu dalam iman dalam tujuan yang sama yaitu melanjutkan pekerjaan Yesus di dunia ini itulah sebabnya, sebelum di tangkap di salibkan dan mati di Golgata Yesus, meminta kepada Allah Bapak agar murid-muridnya tetap bersatu dalam menghadapi kehidupan di dunia ini. Bersatu bukan berarti menghilangkan perbedaan yang ada pada murid-muridnya, akan tetapi menjadikan setiap murid memiliki tanggung jawab tujuan pemanggilan mereka yaitu menjadi penjala manusia (Mat : 4.19). Dengan bersatu setiap murid akan menjadi satu hati dan satu suara untuk memuliakan Allah Bapa (Roma: 15.6).

Setiap orang yang percaya menjadi masuk dalam persekutuan dengan Kristrus, hal ini nyata dalam Baptisan setiap orang menyatu dalam kematian dan kebangkitan Kristrus (Roma : 6.4). Menyatu dalam hubungan yang erat dan akrab adalah tujuan dari Doa Yesus.

Yesus menyatu dengan Allah berkomunikasi dalam doa nya. Tanpa adanya hubungan erat dan nyata di atara orang-orang percaya terutama dalam saling mendoakan, maka tujuan mewujudkan kasih Allah di dunia ini tidak akan dapat di laksanakan itulah sebabnya Yesus tidak meminta kekayaan, jabatan, maupun metode pengijilan bahkan jaminan keselamatan para muridnya, maka hambatan akan dapat diatasi dalam pelayanan di dunia sebagai mana telah dikatakan oleh Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus dimana Kristus adalah Kepala Gereja dan semua anggota Jemaat adalah anggota-anggota tubuhnya, maka itu kita harus tunduk kepada Kristus sebab Kristus itu menyatu dengan Gereja.


ALKITAB dan SAHABAT PALSU

Pada akhir abad pertama semua buku Alkitab telah selesai di tulis mulai saat itu, umat Kristiani berada di baris depan dalam menyalin dan menyadurkan Alkitab yang lengkap. Pada waktu yang sama mereka juga sibuk menerjemahkan kedalam bahasa-bahasa yang paling umum pada zaman itu. Namun seraya sidang Kristen sibuk dengan pekerjaan yang mengangumkan ini, sesuatu mulai terbentuk yang nantinya akan menjadi bahaya besar bagi terpeliharanya Alkitab.


Perkembangan ini telah di nubuatkan oleh Alkitab sendiri Yesus pernah memberikan perumpamaan mengenai seorang pria yang menabur ladangnya dengan benik gandum yang bermutu baik, namun pada semua orang tidur seseorang musuh menaburkan benih yang akan menghasilkan lalang, kedua macam benih itu tumbuh dan untuk sementara waktu lalang memyembunyikan gandum dari pandangan orang melalui perumpamaan ini. Yesus menunjukan bahwa hasil pekerjaannya akan berupa “Umat Kristiani Palsu” akan menyusup ke dalam sidang dan pada suatu saat akan sulit untuk membedakan yang asli dan yang palsu, Mat : 13. 24-30, 36-43.

Rasul Petrus dengan terus terang memberikan peringtan terhadap pengaruh “Umat Kristiani” yang seperti lalang, terhadap cara orang akan memandang agama Kristen dan Alkitab yang memperingatkan :

“Demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru Palsu mereka akan memasukkan pelajaran-pelajaran sesat yang membinasakan bahkan mereka akan menjangkal penguasat yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu dan karena mereka, jalan kebenaran akan di hujat 2 Petrus 2. 1-2, bahkan pada pertama nubuat-nubuat Yesus dan Petrus sudah mulai di genapi. Pria-pria yang Ambisius menyusup kedala sidang Kristen dan membuat perpecahan (2 Timotius 2. 16-18 : 2 petrus 2. 21-22, 3 Joh 9-10)


Selama dua Abad berikutnya Filsafat Yunani merusak ke murnian kebenaran Alkitab.

Pada Abad keempat, kaisar Konstantin dari Roma menerima “Agama Kristen” sebagai agama resmi kekaisaran Roma, tetapi “Agama Kristen” yang ia kenal berbeda sekali dari Agama yang telah diberitahukan oleh Yesus pada masa itu lalang mulai berkembang tepat seperti yang telah dinubuatkan Yesus meskipun demikian kita dapat yakin bahwa sepanjang masa itu ada orang-orang yang mewakili Agama Kristen yang benar, dan berupaya keras untuk memperbaiki Alkitab sebagai Firman Allah yang terilham. Mat.28. 19-20.


PENERJAMAHAN ALKITAB DI TENTANG

Pada zaman Konstantin itulah susunan ke Kristen yang kita kenal sekarang mulai terbentuk, jauh waktu itu bentuk ke Kristenan yang telah merosot dan yang telah berakar bukan lagi semata-mata suatu organisasi ke agamaan, ia menjadi bagian dari Negara dan para pemimpinya memainkan peranan penting dalam bidang Politik, akhirnya gereja yang telah murtad menggunakan kekuasaannya, politiknya dengan cara yang sama sekalipun bertentangan dengan Agama Kristen yang berdasarkan Alkitab sehingga menimbulkan ancaman lain yang berbahaya terhadap Alkitab ! Dengan cara yang bagaimana ?

Sewaktu bahasa latin tidak lagi di gunakan sebagai bahasa sehari-hari Alkitab, perlu diterjemahkan lagi, tetapi Gereja Khatolik tidak lagi menyetujui hal ini, dan pada tahun 1079 VRATISLAUS yang kemudian menjadi Raja dari Bohemia meminta izin Paus Gre Gorius VII untuk menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa yang di gunakan oleh Rakyatnya. Permintaan ini di tolak, Paus berkata “Sudah jelas bagi mereka yang sering menerjemahkannya, bahwa bukannya tanpa alasan mengapa Allah yang Maha Kuasa lebih suka agar bagian-bagian tertentu dari Alkitab suci tetap suatu rahasia karena kita semua orang dapat mengerti dengan jelas ada kemungkinan Alkitab akan di rendahkan dan tidak di hargai atau mungkin disalah mengerti oleh mereka yang berpendidikan sederhana sehingga menghasilkan kekeliruan.

Paus menghendaki agar Alkitab tetap di pertahankan dalam bahasa latin yang ketika itu sudah menjadi bahasa mati, isinya harus di jaga tetap rahasia dan tidak diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa rakyat biasa. Terjemahkan Volgate Karya Jerome dalam bahasa latin yang dibuat pada Abab ke V dengan tujuan agar Alkitab dapat di baca oleh semua orang kini menjadi alat untuk membuat Alkitab tetap sebuah Rahasia seraya Abab-abab pertengahkan berlanjut terus sikap Gereja terhadap Alkitab dalam bahasa daerah menjadi semakin keras pada tahun 1199 Paus INNOCENT III menulis surat yang demikian keras kepada USKUP AGUNG dari Metz Jerman sehingga Uskup itu membakar semua Alkitab bahasa Jerman yang dapat ia temukan. Pada tahun 1229 Sinode di Toulouse Prancis mengatakan bahwa Rakyat Awam tidak boleh memiliki buku Alkitab manapun dalam bahasa sehari-hari. Pada tahun 1233 suatu Sinode propinsi di Tarragona Spanyol memerintahkan agar semua buku perjanjian lama dan baru diserahkan untuk dibakar. Pada tahun 1407 Sinode Gologan Pendeta yang diadakan oleh Uskup Agung Thomas Arundel di Oxford Inggris secara tegas melarang penerjamahan Alkitab ke dalam bahasa Inggris atau bahasa modern lain manapun. Pada tahun 1431 juga di Inggris Uskup Stafford dari Well melarang menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Inggris dan untuk memiliki terjemahan demikian. Kalangan berwenang ke agamaan ini tidak berupaya memusnakan Alkitab mereka mencoba ingin menjadikannya sebagai fosil mempertahankannya dalam bahasa yang dapat dibaca oleh sedikit orang saja. Dengan cara ini mereka berharap agar dapat mencegah apa yang mereka sebut “bidah” tetapi yang sebenarnya merupakan tantangan terhadap wewenang mereka andaikata mereka berhasil Alkitab bisa saja menjadi sekedar suatu objek yang menarik secara intelektual dengan sedikit atau sama sekali tanpa pengaruh atas kehidupan rakyak biasa. Paparan atau statemen yang diatas sungguh historis bila kita mereka-reka dan mengaris bawahi bahwa dalam situasi yang sedikit berkobar ada api yang tidak dapat dipadamkan dan api itu bisa menghanguskan pilar-pilar yang sudah konstruktif. Pada pertumbuhannya Gereja menampakan dirinya hanya alat permersatu sekaligus untuk menjadi pipanisasi kasih bagi orang-orang miskin yang lemah dan yang teranyai, maka bahkan menjadi tumpuan harapan bagi orang-orang yang percaya, sadar atau tidak Alkitab yang begitu suci yang datang melalui Wahyu telah dipertentangkan melalui pemahaman-pemahaman yang kritis bahkan mengancam bahwa Alkitab hanya untuk dimiliki oleh bangsa tertentu dan itu tidak dikehendaki oleh Allah sehingga Alkitab dapat dibaca dan dimengerti oleh semua orang yang percaya sebagai sumber kehidupan yang kekal melalui bahasa-bahasa yang beragam.


DAERAH VII PULAU JAWA BUKAN BAGIAN KEKUATAN

Kita tinggal pada masa yang digerakan oleh media People Magazine, Inside Edition, Ceritanyalah yang penting, sepribadi dan serinci mungkin, kita juga hidup dalam masa pasca modern suatu zaman dimana apa yang dipandang sebagai kebenaran datang dari NARASI yang mendifinisikan hidup kita memahami kemurnian bukan melalui eksposisi dan Khotbah melaikan dengan dongeng yang disampai dengan baik. Dengan laporan tentang perjalanan yang sarat makna, cerita adalah medium zaman kita, ini berlaku dalam persaingan dimana cerita menjadi ikon budaya dan kebijakan dipahami menjadi sama absahnya dengan cerita kandidat yang menyatakannya sedikit banyak, tidak ada yang baru di sini sejarah HKI Daerah VII Pulau Jawa penuh dengan tantang-tantangan (Hamaolon) lahir di dalam Pondok Kayu yang dibangun sendiri.

Dalam Abad yang terikat atau terpusat pada iman, ini juga memunnculkan sejarah perjalanan religius apa yang kandidat percaya dan berapa lama ia sudah menyakininya? Apakah ada pertobatan? Dan apakah ada dongeng yang untuk diceritakan mengenai orang-orang yang jatuh ke dalam dosa diubahkan oleh kasih karunia atau kebaikan, atau kemewahan ke dalam visi yang berkilau pada hari ini ? kemudian apakah iman kandidat A. Lebih tinggi (unggul) dibandingkan iman kandidat B? Apakah lebih banyak perubahan yang dramatis, pemahaman yang berat akan kemulian? Bukti yang lebih kuat untuk mengetahaui siapa yang sebenarnya yang diurapi? Ini adalah dimanika budaya yang sedang berjalan dan tetap diukur.

Dengan memiliki tiga belas Resot Daerah VII Pulau Jawa selalu bertumbuh dalam segenap pelayanannya walaupun diantara sesaknya kehidupan Ibu Kota yang selalu membuat bekerja ekstra keras belum lagi, masalah surat ijin, pendirian rumah ibadah harga tanah yang selangit prasarana dan akomodasi yang sudah mendesak.


Daerah VII Pulau Jawa yang di Komandoi sang Konseptor Bapak Pendeta MP Hutabarat sering mengerut dahi dan menyingsingkan lengan bajunya untuk mencoba mengupayahkan semaksimal bagaimana Daerah VII Pulau Jawa agar bertumbuh dengan baik, sejalan dengan pergumulan-pergumulan yang telah menumpuk di atas pundak nya bahkan sangat santer terdengar bahwa Gereja HKI yang ada di Pulau Jawa sudah mempunyai warna tersendiri, yang maju, mapan, bahkan telah sampai kepercontohan.

Dialek inilah yang menjadi Stardar propaganda yang dicetuskan oleh beberapa orang tokoh HKI Pulau Jawa dan mereka menganggap Daerah VII Pulau Jawa sebagai birokrasi, pembuat kebijakan, penentu dilapangan dan lain-lain. Mereka-mereka ini bergeming untuk memaksa kehendak hati tanpa mengikuti instusi-instusi yang kontruksional yang tetap mengarah kepada yang benar dan kedamaian, alhasil ini bisa membawa ke ranah perpecahan yang melahirkan suatu pradigma baru yaitu mana kawan dan mana lawan. Oleh karena itu penulis sengaja mencatumkan bahwa Daerah VII Pulau Jawa bukan bagian kekuatan yang artinya : dengan kemajuan-kemajuan yang bermuara dara sumber daya manusia, intelektual, materinya untuk tidak di jadikan “ketuk palu” atau dalam memprakasai bahkan membuat suatu ketetapan maupun keputusan, terus terang masih banyak orang yang harus kita hargai yang telah besar pengabdian kepada HKI khusus nya HKI VII Pulau Jawa.

Dengan terlaksananya Sinode HKI 2010 dan kita semua umat HKI turut mendukung pelaksanaannya. Saya lebih dapat menerima adanya kesepakatan yang adil dan dasar hidup bersama dalam kedamaian daripada membentuk suatu pekara yang terlepas dari pertimbang-pertimbangan yang praktis marilah kita buat HKI VII Pulau Jawa untuk menjadi kekuatan “kebaikan” bukan untuk kekuatan yang buruk (kejahatan).


Sekali lagi saya katakan, marilah kita buat Daerah VII Pulau Jawa menjadi “Maistream Religius” artinya umat yang fanatik dan setia kepada HKI dan rela memberikan yang terbaik bagi Gereja HKI dalam pelayanannya yang kudus. Sepertinya yang dipesankan oleh Bapak Preses Pendeta MP Hutabarat dalam pesan khotbah nya pada syukuran awal tahun 2010 bahwa modal dan kunci utama untuk meraih kesuksesan dan kemanangan dibutuhkan kesatuan dan persatuan ianggo dung dos roha indang andong na maol (Red) oleh karena itu jangan menyalahkan Gereja bila terjadi perpecahan. Orang-orang sedang memburu Terang, mereka membentuk denominisasi karena tidak tahu cara yang lebih baik bila manusia tidak lagi memiliki kasih Allah mereka mulai berkhotbah mengenai pakaian, kedagingan, berbagai pengajaran manusia dan menentang Gereja, semua kita adalah bersaudara dan seiman oleh karena itu, marilah kita mengejar damai sejahterah dan bukannya kekacauan dan kita harus ingat ; saat kita merasa memiliki semua kebenaran dan merasa diri kita melebihi siapapun, kita akan jatuh.

Selamat menyongsong Sinode HKI 2010, Tuhan Memberkati

Penulis adalah ST Josua Panjaitan

Jemaat HKI Taman Mini Jakarta IV




JANGAN ADA DENDAM DI ANTARA KITA

(CALON PEMIMPIN DAN SEKILAS MELIHAT PERTANDINGAN SEPAK BOLA)

Pdt. Godman Tampubolon S.Th

Refleksi dari Permainan Sepak Bola


Bulan Juni tahun 2010 dunia tertuju untuk menyaksikan Pertandingan Sepak Bola Piala Dunia. Demikian juga liga Champions yang dikenal dengan kejuaraan antar klub yang masih berlangsung sampai sekarang. Kita belum tahu memastikan Negara dan klub mana yang akan memenangkan pertandingan dan menjadi juara tahun ini. Tetapi yang pasti dari sekarang semua negara dan Klub mempersiapkan pemain yang profesional dan Tim yang kuat serta strategi yang di terapkan untuk memenangkan pertandingan.

Ada hal yang menarik ketika penulis melihat, untuk belajar dari pertandingan sepak bola sehingga dapat di terapkan dan dimiliki seorang calon pernimpin, baik yang memimpin di pemerintahan maupun di Gereja. Ketika berlangsungnya pertandingan sepak bola, kita melihat kedua tim saling berlomba dan berusaha untuk saling memenangkan pertandingan. Bahkan tidak jarang terjadi antar pemain terbawa emosi; saling mendorong sehingga bisa terjadi benturan atau ketidakharmonisan antar pemain. Tetapi satu hal yang mau kita lihat setelah pertandingan selesai; siapapun yang menang dan siapapun yang kalah sesama pemain saling bersalaman dan saling memaafkan. Bahkan sebagai pemain sepak bola yang professional setelah selesai pertandingan mereka saling menghargai dan menerima kelebihan dan kekurangan antar pemain. Memang kemenangan adalah tujuan pemain dan tim serta pendukungnya dalam pertandingan, tetapi kemenangan bukanlah segalanya. Terbukti sewaktu berlangsungnya pertandingan ketika lawan jatuh dan cidera di lapangan, sebagai pemain sepak bola yang profesional dia akan mendahulukan pertolongan dan membantu lawannya dengan menghentikan sementara pertandingan. Persaudaraan bagi seorang pemain profesional jauh lebih tinggi dan terpenting dari pada merebut hadiah kemenangan.


Sebagai seorang pemain sepak bola tidak ada menyimpan dendam walaupun sebenarnya sewaktu berlangsungnya pertandingan untuk merebut kemenangan, mereka kadang terbawa emosi, terjadi benturan dan kadang kasar terhadap lawannya, tetapi semuanya itu selesai seusai pertandingan. Kemenangan dan kekalahan bukanlah segalanya. Siapapun yang menang dan siapapun yang kalah sesama pemain saling bersalaman dan saling memaafkan. Mereka mengucapkan: “ Jangan ada dendam di antara kita “.

Setelah melihat sekilas dari pertandingan sepak bola dan tindakan seorang pemain bola yang profesional apakah hubungannya dengan calon pemimpin di Gereja dan di Pemerintahan dan bagaimana penerapannya terhadap calon pemimpin yang juga ikut bertanding mengejar dan menginginkan kemenangan ? Apakah kita bisa menerapkan filosofi yang dimiliki seorang pemain sepak bola ? Benarkah ada pemimpin setelah memenangkan pertandingan menyimpan dendam dalam kepemimpinannya dan tidak mau belajar dari pertandingan sepak bola yang juga mengejar kemenangan? Apakah seorang calon pemimpin setelah memenangi pertandingan tidak menganggap lawannya itu juga adalah saudaranya lantas melampiaskan dendam ketika ia memimpin? Kemudian, apakah juga calon pemimpin yang kalah dalam pertandingan tidak mau menghargai dan menerima kemenangan lawannya ? Kenapa sering calon pemimpin yang kalah dan tim pendukungnya tidak mau menghargai dan menerima kemenangan lawannya lantas kemudian mendukungnya? Apakah juga calon pemimpin yang ikut bertanding merebut jabatan, kemenangan dan kekalahan adalah segalanya, sehingga ketika lawan jatuh tidak mau lagi menolong dan membantunya ? Penulis mengajak kita untuk melihat dan menyaksikan sekilas pertandingan sepak bola; siapa yang menang dan siapapun yang kalah setelah selesai pertandingan seluruh pemain saling bersalaman dan saling memaafkan, tidak ada dendam dan sesama pemain saling menerima dan menghargai kelebihan dan kekurangannya.

Begitu juga halnya dengan kita sebagai orang Kristen ada baiknya kita menerapkannya dalam kepemimpinan dan pelayanan kita “Jangan ada dendam di antara kita” walaupun sebenarnya banyak perbedaan di antara kita, jangan karena perbedaan – perbedaan menjadi sumber ketidakharmonisan diantara kita. Sebagai orang Kristen dan orang yang beriman, kita percaya Tuhan tidak menghendaki orang pendendam, karena orang pendendam dalam kepemimpinannya adalah orang yang hidup dan berjalan dalam kegelapan. Orang pendendam adalah orang yang tidak mau disinari Kasih Tuhan dan orang pendendam adalah orang yang tidak menunjukkan ciri khas kepemimpinan yang diajarkan Tuhan Yesus Kristus (bnd. 1Yohannes 2:11).

Jangan karena mengejar kemenangan dan menginginkan jabatan menjadi lupa apa yang di inginkan Allah dari jabatan itu. Jabatan itu diperoleh bukanlah dari pendukung atau dari tim yang sudah bersusah payah untuk memenangkan pertandingan, tetapi jabatan itu adalah berasal dari Allah (bnd. Efesus 4:11 - 13: Yohanes 21:15-16: Roma 13: 1-4). Sebagai calon pemimpin yang beriman dia pasti tahu jabatan itu adalah bukan untuk menguasai, tetapi untuk melayani dan jabatan itu bukanlah untuk melampiaskan dendam tetapi untuk menyuarakan dan mewujudkan keinginan Allah.

Defenisi Kepemimpinan Secara Umum

Istilah “Kepemimpinan” berasal dari kata “Pemimpin” yang artinya membimbing dan menuntun. Pemimpin artinya orang yang berfungsi untuk membimbing dan menuntun. Maka secara etimologi, kepemimpinan itu menunjuk kepada suatu tindakan dalam pelaksanaan tugas memimpin.

Berbicara tentang kepemimpinan (pemimpin), maka kita akan melihat bermacam pandangan dan pengertian tentang kepemimpinan. Secara umum kebanyakan orang melihat dan memandang kepemimpinan itu identik dengan kekuasaan, jabatan ataupun profesi, tetapi ada juga yang memandang dan menerapkan kepemimpinan itu adalah untuk melayani. Dalam perbendaharaan bahasa Indonesia banyak istilah yang mengarah pada pemimpin, seperti Kepala Negara, Gubernur, Wali kota, Bupati, Kepala Desa dan lain-lain. Istilah kepemimpinan dapat juga ditemukan dalam Alkitab yang mengarah pada pemimpin seperti: Gembala, Pelayan, Pejabat , rasul, Nabi, Guru dan lain-lain.

Tanpa di sadari istilah pemimpin telah masuk dan diterapkan ke dalam Gereja dengan segala konsekwensinya pada batas – batas tertentu. Sebutan itu telah mempengaruhi dan memakai esensi jabatan - jabatan formal di gereja seperti: Ephorus, Sekjend, Bishop, Moderamen dan lain - lain.

Apa Persyaratan Calon Pemimpin Menurut Alkitab ?

Ada persyaratan yang harus dipenuhi dan dimiliki calon pemimpin menurut pandangan Alkitab:

1. fitful and have a growing relationship with Christ and others (Setia dan memiliki pertumbuhan didalam hubungan dengan Tuhan Yesus dan orang lain). Seorang calon pemimpin adalah seorang yang telah mengalami pergumulan dan pertobatan dengan Tuhan Yesus secara utuh. Mari kita cari dan kita dukung calon pemimpin yang memiliki dasar kerohanian yang baik dan dewasa (I Tim 3:6; bnd 1 Tim 5:22). Kesetiaan kepada Tuhan Yesus dan mau belajar dan menerapkan cara kepemimpinan Tuhan Yesus adalah hal yang terpenting dan terutama yang harus dimiliki seorang calon pemimpin.


2. Seorang calon pemimpin adalah seorang yang tanggap, cakap dan berdedikasi serta memiliki spritualitas yang tinggi (bnd. Gal 6:1)


3. Seorang calon pemimpin tidak menganggap pekerjaannya itu sebagai karir ataupun jabatan untuk mencari keuntungan, tetapi dia sebagai calon pemimpin haruslah menjadi pelayan Allah yang akan menyuarakan dan melaksanakan kehendak Allah. Seorang pemimpin yang ambisi terhadap jabatan/ karir dapat menimbulkan bahaya dimana seorang pemimpin mau bekerja dan melayani apabila dia harus dibayar (bnd Mika 3:11) dan melihat orang yang dilayani atau yang dipimpinnya itu apakah kaya atau miskin, berpengaruh atau tidak.


Baqaimana Tipe Pemimpin Menurut Pandangan Alkitab

Dalam Alkitab seorang pemimpin disamakan dengan seorang gembala atau dalam bahasa Yunani di sebut dengan “Poimen”. Di Palestina seorang gembala bertugas (profesi) untuk menuntun kawanan domba (ternak) yang digembalakannya ke padang rumput yang hijau dan ke air yang tenang, supaya domba-domba itu mendapatkan kebutuhan primernya yaitu makan dan minum sehari - hari tanpa kekurangan sesuatu apapun. Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ketika domba - domba lapar la memberi makan, ketika domba-domba haus la mencari dan memberi/menyungguhkan air sebagai pelepas dahaga, ketika domba-domba sakit la merawat memelihara dan menyembuhkannya (Mazmur 23 : 1). Selain itu gembala juga bertanggungjawab atas keselamatan kawanan domba, sebab domba - domba membutuhkan tempat yang aman. Daud adalah tokoh seorang gembala dan pernah terlibat bertarung melawan singa untuk, melindungi kawanan dombanya (1 Sam 17 : 34 - 37). Seorang gembala (pemimpin yang baik ia rela berkorban demi domba - dombanya (jemaat), sehingga domba - dombanya akan berkata: “aku tidak takut bahaya” (Maz. 23 4). Kerelaan dan mau berkorban untuk melayani orang lain merupakan salah satu sifat yang harus di miliki gembala sebagai seorang pemimpin.


Penutup

Apakah anda tahu PasuI Paulus sering menggambarkan dan memakai bahasa dunia olah raga, agar manusia dapat melihat dan menerapkan yang di inginkan Allah? (bnd. I Korint 9 : 24- 26; 2 Tim 2 :5; 2Tim 4:7). Dengan demikian sebagai calon pemimpin, baik di Gereja maupun di Pemerintahan yang ikut bertanding untuk memperoleh kemenangan sehingga memperoleh jabatan, Penulis mengajak untuk melihat sekilas dan belajar dari pertandingan sepakbola : siapapun yang menang dan siapapun yang kalah mereka bersalaman dan saling memaafkan. Mereka sesama pemain mengucapkan : “Jangan ada dendam diantara kita”. Kemenangan memang tujuan semua pemain dan tim serta pendukung, tetapi kemenangan dan kekalahan bagi seorang pemain sepakbola bukanlah segalanya. Persaudaraan jauh lebih tinggi dari segalanya. Siapapun yang menang dan siapaun yang kalah: “Jangan ada dendam di antara kita walaupun sebenarnya banyak perbedaan diantara kita”