Thursday, February 14, 2008

Varia HKI, Majalah Bina Warga HKI Edisi Februari - Maret 2008



Penahbisan Pendeta di HKI Sibuntuon Resort Lintong Ni Huta Berlangsung Hikmat & Meriah
Setelah menjalani pelayanan sebagai Vicariat Pendeta dan telah melewati LPP I s.d LPP III, maka pada hari Minggu 9 Desember 2007, bertempat di HKI Sibuntuon Resort Lintong Ni Huta-Humbahas, 7 Orang Calon Pendeta menerima Penahbisan sebagai Pendeta. Mereka yang menerima Penahbisan Pendeta adalah : Adventus Nadapdap, STh ; Amran Simangunsong, STh ; Berton Silaban, STh ; Harianto Harianja, SH, M.Min ; Hendry Sihotang, STh ; Lamhot Hasibuan, STh ; Sehat Panjaitan, STh. Ibadah Penahbisan dipimpin Ephorus HKI, Pdt. Dr. B. Purba, dengan Liturgist Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal HKI). Dalam Khotbah Ibadah Penahbisan, Pdt. Dr. B. Purba menyampaikan bahwa Tohonan KePendetaan adalah berasal dari TUHAN Allah sehingga harus dilakukan sebaik mungkin dan kemudian dapat dipertanggungjawabkan kepada TUHAN Allah yang memberikan Tohonan. Setiap Pendeta harus melayani secara “full timer”, dan harus tetap menghayati dan melakukan 7 Janji Tohonan Pelayanan Pendeta yang diterima pada saat Penahbisan.
Setelah Ibadah Penahbisan yang berlangsung hitmat, acara kemudian dilanjutkan rangkaian Sambutan - Makan Bersama – Ramah Tamah/Hiburan. Hadir memberikan sambutan yaitu Harry Sihombing, SPd (Anggota DPRD Humbahas-Ketua Pelaksana Panitia), St. Bangun Hutasoit – (Wakil Ketua DPRD Humbahas), St. Drs. Maddin Sihombing, MSi (Bupati Humbahas), Pdt. Firman Sibarani, MTh (Ketua Konven Pendeta HKI), Perwakilan BKAG Kab. Humbang Hasundutan dan sambutan dari Pucuk Pimpinan HKI, Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal).
Hadir dalam kesempatan ini, Ephorus HKI Pdt. Dr. B. Purba & Ibu ; Sekretaris Jenderal HKI, Pdt. R. Simanjuntak, BD & Ibu ; Bupati Humbang Hasundutan St. Maddin Sihombing, MSi & Ibu - beserta Jajaran Muspika Humbahas; Pdt. Firman Sibarani, MTh (Ketua Konven Pendeta HKI) ; Pdt. H. Simangunsong, BD (Mantan Ephorus HKI – Majelis Pusat HKI) ; Pdt. Marhasil Hutasoit, MTh (Majelis Pusat HKI), Pdt. M. Saragi (Praeses Daerah I SumTim. I) ; Pdt. T. Sihombing, STh (Praeses Daerah II Silindung Pangaribuan) ; Pdt. S.Br. Nainggolan, STh (Praeses Daerah III Tobasa Humbahas) ; Pdt. M. Lumban Gaol, STh (Ka.Dep. Marturya) ; Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka.Dep. Koinonia) ; Pdt. Happy Pakpahan (Sekretaris Pucuk Pimpinan HKI) dan Para Pendeta HKI lainnya, Parhalado & Jemaat HKI Se Resort Lintong Ni Huta, serta keluarga para Pendeta yang ditahbiskan dan Rombongan Koor tempat pelayanan para Calon Pendeta yang menerima tahbisan. Harapan dan Doa kita bersama, kiranya Para Pendeta yang baru ditahbiskan ini semakin menguatkan pelaksanaan Amanah Agung yang ditugaskan Tuhan Yesus Kristus Raja Gereja kepada Umat Kristen dan Gereja HKI secara khusus. (hp,-)


7 Orang Dinyatakan Lulus LPP I & 10 Orang Dinyatakan Lulus LPP II 11-14 Des 2007, Di Kantor Pusat HKI

Dalam rangka Rekruting/Penerimaan Calon Pendeta HKI dan Pembekalan bagi Calon Pendeta HKI, maka mulai tanggal 11 s.d 14 Desember 2007, bertempat di Kantor Pusat HKI, dilaksanakan Latihan Persiapan Pelayanan (LPP ) I dan II. Ada 7 Orang yang mengikuti Ujian Seleksi Penerimaan Calon Pendeta - LPP I yaitu Binton Simanjuntak, STh ; Dudi Napitupulu, STh ; Herwin Edy Harianja, STh ; Patar Manalu, STh ; Rosida Wati Sianturi, STh ; Rotua Silitonga, STh ; dan Rudy Edward Nababan, STh. Peserta LPP II ada 10 orang Calon Pendeta, yaitu Ance Idris Simanjuntak, STh ; Andar Lubis, STh ; Benjamin Saragi, STh ; Cica Nababan, STh ; Darwin Saragi, STh ; Manamba Pasaribu, STh ; Parlindungan Sitorus, STh ; Riston Eirene Sihotang, SSi ; Ronald Sihombing,. STh ; Sry Astati Tampubolon, STh. Kegiatan dimulai pada hari Selasa, 11 Desember 2007 dan dibuka oleh Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal HKI). Hadir juga dalam Pembukaan LPP I dan II, Pdt. M. Lumban Gaol, STh (Ka. Dep. Marturya), Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka. Dep. Koinonia), Pdt. M. Saragi (Praeses HKI Daerah I Sum.Tim I-Sebagai Tim Pembekalan) dan Pdt. Happy Pakpahan (Sekretaris PP HKI). Setelah mengikuti Rangkaian Ujian Gerejawi, Psiko Test, dan Pembekalan Pelayanan, akhirnya pada hari Jumat, 14 Desember 2007, Hasil Rapat Dewan Penguji-Pembekalan yang dipimpin Pucuk Pimpinan HKI, memutuskan bahwa 7 Orang peserta LPP I dinyatakan LULUS dan diterima menjadi Calon Pendeta HKI. Kemudian 10 Peserta LPP II dinyatakan LULUS untuk kemudian melanjutkan Pelayanannya sebagai Calon Pendeta HKI ditempat yang ditentukan oleh Pucuk Pimpinan HKI. Setelah Pengumuman Kelulusan, Rangkaian Kegiatan Ujian Gerejawi – LPP I dan LPP II Tahun 2007 kemudian ditutup oleh Ephorus HKI, Pdt. Dr. B. Purba. Hadir juga dalam Penutupan, Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal HKI), Pdt. M. Lumban Gaol, STh (Ka. Dep. Marturya), Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka. Dep. Koinonia), Pdt. M. Saragi (Praeses HKI Daerah I Sum.Tim I-Sebagai Tim Penguji-Pembekalan), Pdt. Marhasil Hutasoit, MTh (Sebagai Tim Penguji-Pembekalan) dan Pdt. Happy Pakpahan (Sekretaris PP HKI). Melalui LPP ini diharapkan, bahwa para Peserta sebagai Calon Pendeta di HKI, Motivasi Pelayanannya semakin dikuatkan dan memiliki ketrampilan pelayanan yang lebih baik. Sehingga melalui pelaksanaan Amanah Agung di Lapangan Pelayanan masing-masing, nama Tuhan semakin dipermuliakan. (hp,-)

Ephorus HKI & Panitia Sinode ke 58 HKI BerAudiensi ke Kajatisu.
Berkaitan dengan pelaksanaan Sinode ke 58 HKI - Tahun 2008, maka pada hari Jumat, 7 Desember 2007, Ephorus HKI, Pdt. Dr. B. Purba dan Panitia Sinode ke 58 HKI mengadakan Audiensi ke Kantor Kajatisu di Jl. A.H Nasution Medan. Audiensi diterima Kajatisu, G. Marbun, SH.
Dalam audiensi dibicarakan bahwa Sinode ke 58 HKI Tahun 2008 adalah Sinode Kerja yang memiliki arti yang sangat strategis, dimana akan membahas Evaluasi Pelayanan dan Perencanaan Program Pelayanan HKI 5 tahun ke depan, didalam melaksanakan Tritugas Panggilan Gereja ditengah berbangsa dan bertanah air di Indonesia. Untuk itu, dalam upaya Penggalangan Dana, Panitia Sinode Ke 58 HKI akan melaksanakan Malam Jamuan Kasih, yang akan dilaksanakan February 2008. Pada kesempatan Audiensi ini, Panitia meminta kesediaan Kajatisu menjadi Penasehat Panitia Malam Jamuan Kasih dimaksud.

NATAL BERSAMA PEGAWAI KANTOR PUSAT DAN PANTI ASUHAN ZARFAT
Menjadi kegiatan tahunan dari Pegawai kantor Pusat bersama keluarga untuk melangsungkan perayaan Bersama. Perayaan kali ini dilaksanakan pada tanggal 22 Desember mulai pukul 17.00 WIb di Gereja HKI Bah Sampuran yang di hadiri oleh penatua punguan Ina jemaat HKI Bah Sampuran juga para Pendeta HKI yang melayani di sekitar Pematangsiantar.
Pada perayaan Natal ini, semua para pelayan di Kantor Pusat (tak terkecuali Ephorus dan Sekjend) turut berliturgi bersama anak-anak dari panti Asuhan Zarfat. Namun kali ini perayaan Natal tersebut tidak dapat diikuti oleh bapak Ephorus bersama keluarga sehubungan dengan meninggalnya abang dari bapak Ephorus.
Seusai Kebaktian, semua yang hadir makan malam bersama di aula Panti Asuhan. Acara ini semakin semarak dengan ditampilkannya tari-tarian dan vokal group dari anak-anak panti yang dilatih oleh salah satu pengasuh, yaitu Diak. T. br. Lumbantobing. Sebelum acara ditutup, bapak Sekretaris Jenderal HKI membagikan amplop Natal kepada seluruh anak-anak panti dengan harapan mereka tetap dapat bersukacita meski orangtua kandung mereka tidak dapat bersama-sama mereka. (mlg)

Departemen Diakonia Huria Kristen Indonesia (HKI) Mengadakan Pelatihan Peternakan Secara Organik di Lumban Julu.
Pada tanggal 26 – 27 November 2007, bertempat di Sionggang-Lumban Pea – Lumban Julu, Kepala Departemen Diakonia HKI Pdt. Tigor Sihombing kembali mengadakan pelatihan peternakan babi & ikan secara organik. Pelatihan diikuti 25 orang anggota masyarakat. Pelatihan ini diprakarsai oleh Praeses HKI Daerah II Tobasa – Humbahas Pdt. S. Br. Nainggolan dan Pdt. Dormen Pasaribu, STh ( Pendeta HKI Resort Patane Porsea). Ada sekitar 25 orang yang mengikuti Pelatihan yang terdiri dari anggota jemaat lintas Gereja ( HKI, HKBP, dll ).
Materi dalam pelatihan adalah : 1. Teori Peternakan secara Organik 2). Praktek : Pemamfaatan Indegenous Microorganism (IMO), 3. Fermentasi Kangkung Juice (FKJ), 4. Fermentasi Pepaya Juice (FPJ), 5. Fermentasi Pisang Juice (FPsJ), 6. Pembuatan Kandang Babi organik, 7). Tehnik pemeliharaan Ikan Mas secara Organik. Sebagai hasil pelatihan disepakati bahwa Peternakan yang ada dilokasi Sionggang ini akan dikembangkan dengan pengawasan Departemen Diakonia Huria Kristen Indonesia (HKI) sebagai Percontohan peternakan secara Organik di Daerah Tobasa – Humbahas.
Bagi jemaat yang berminat mendapatkan informasi dan mengadakan pelatihan cara peternakan secara organik ( Babi, Ikan, Kambing, Lembu, Unggas, dll ) dapat menghubungi Departemen Diakonia HKI di Kantor Pusat HKI atau melalui email : dep.diaconia@hki-online.or.id. Departemen Diakonia HKI juga mengajak kepada seluruh warga HKI menjadi pelopor beternak dan bercocok tanam selaras lingkungan. (hp,-).

SUKACITA NATAL DI HKI SIMPANG DUA - SIANTAR II
Sudah menjadi tradisi di HKI Simpang Dua, menjelang perayaan Natal selalu mengadakan Makan bersama seluruh anggota jemaat bersama parhalado. Namun kali ini, majelis dan parhalado sepakat untuk membuat kejutan bagi anggota jemaat. Panitia menyiapkan kado Natal dan acara hiburan dengan mengundang Musik Keyboard untuk menghibur dan memberi kesempatan bagi anggota jemaat untuk bernyanyiria. Selesai acara makan bersama, tampak ketegangan dengan perasaan harap-harap cemas dari semua yang hadir menunggu giliran mencabut Lukcy Draw yang hadiah utamanya adalah satu buah TV Colour 21”. Praeses Daerah I Sum. Timur I, Pdt. M. Saragi yang terdaftar sebagai anggota jemaat di HKI Simpang Dua cukup beruntung karena memperoleh salah satu bingkisan hadiah Lucky Draw tersebut. (MHs)

HASIL KONGRES PERSATUAN AMA (PA) HURIA KRISTEN INDONESIA (HKI) SE-INDONESIA
15-17 NOPEMBER 2007 DI P. SIANTAR, SUMATERA UTARA

Sebagai bagian dari program gereja HKI dalam membina kaum Bapak (Ama), maka pada tanggal 15-17 Nopember 2007 dilaksanakan Kongres Persatuan Ama HKI Se-Indonesia di Kantor Pusat HKI – Pematangsiantar, Sumatera Utara. Kongres terlaksana dengan ke Panitiaan yang dibentuk Pengurus Pusat PA HKI priode 2000-2005 : yang di Ketuai oleh Kompol Robert Simanjuntak dan Sekretaris : St. Drs. M. Sitohang, Bendahara : St. D. Simanjuntak, dibantu beberapa Seksi.
Kongres yang berthemakan “Memperlengkapi Orang-orang Kudus Bagi Pekerjaan Pelayanan dan Pembangunan Tubuh Kristus” (Efesus 4: 12) ini, diawali Ibadah Pembukaan dengan Pengkotbah Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal HKI), dan dibuka secara resmi oleh Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus HKI). Proses Kongres dipimpin oleh Majelis Persidangan yang terdiri dari St. Ir. Erwin Napitupulu, St. Drs. R. Tambun dan Robinsar Simanullang, SE. Ada beberapa Materi Kongres yaitu :
1. Study Meeting :
1). Ceramah : Peranan Kaum Bapak HKI Dalam Bergereja dan Bernegara
2). Seminar Narkoba Oleh Polresta Pematang Siantar.
3). Seminar dan Diskusi tentang HIV AIDS : Oleh Dr. Aphinus R. Kambodji, Programme Developer HIV AIDS - UEM Asia.

2. Organization Meeting
1). Laporan Kerja Pengurus Pusat PA Priode 2000-2005 & Pembahasan
2). Komisi dan Pleno
3). Pemilihan Pengurus Pusat PA Periode 2005-2010.
Dan Melalui Proses yang demokratis, akhirnya terpilih Pengurus Pusat Persatuan Ama HKI Periode 2005 – 2010, dengan susunan sebagai berikut :
Ketua Umum : St. Ir. Marasal Hutasoit (foto 4)
Ketua Bidang Organisasi : Ben Tobing
Ketua Bidang Penatalayanan : St. G.R Sitanggang
Ketua Bidang Litbang : St. Karmel Sinaga, SE
Sekretaris Umum : St. Drs. M. Sitohang
Sekretaris Bid. Organisasi : Robinsar Simanullang, SE
Sekretaris Bid. Penatalayanan: St. J. Silitonga
Sekretaris Bid. Litbang : CSt. T.H Simanjuntak
Bendahara : St. M.D Siregar
Anggota :
St. Drs. R. Tambun (Daerah I) ; St. E. Hutabarat (Daerah II) ; CSt. J. Tambunan (Daerah III) ; St. M. Pardede (Daerah IV) ; St. L. Sihotang (Daerah V) ; St. A. Sibarani (Daerah VI) ; Richard Hutapea, SE (Daerah VII) ; P. Sinaga (Daerah VIII).
Selanjutnya Kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian acara Perlombaan antara lain Festival Koor Ama (yang diikuti 6 Kontingen - Daerah VIII dan Daerah II tidak mengirim Utusan), Lomba Marumpasa, Catur dan Tarik Tambang yang diikuti kontingen dari Daerah-daerah pelayanan HKI.
Dan akhirnya Kongres ditutup dalam rangkaian Acara : Ibadah Penutupan dengan Pengkotbah Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus HKI) – Pelantikan Pengurus Pusat PA HKI Periode 2005-2010 – Serah terima - Kata Sambutan - Pembacaan serta pemberian Hadiah bagi Pemenang rangkaian acara perlombaan - Penutupan.
Daftar Hasil Perlombaan adalah sbb :
I. Festival Paduan Suara
Juara I : Kontingen HKI Daerah VII Pulau Jawa
Juara II : Kontingen HKI Daerah I Sumatera Timur I
Juara III : Kontingen HKI Daerah VI Sumatera Timur II
II. Marumpasa (Lomba Cipta & Melantunkan Umpama)
Juara I : Daerah III Tobasa Humbahas
Juara II : Daerah I Sumatera Timur I
Juara III : Daerah VII Pulau Jawa
III. Catur
Juara I : Daerah III Tobasa – Humbahas
Juara II : Daerah IV Dairi Kotacane Tanah Karo
Juara III : Daerah I Sumatera Timur I
IV. Tarik Tambang
Juara I : Daerah III Tobasa – Humbahas
Juara II : Daerah IV Dairi Kotacane Tanah Karo
Juara III : Daerah V Tapteng – Tapsel
Selamat buat Pengurus PA Periode 2005-2010 dalam mengambil bagian pelaksanaan Tri Tugas panggilan Gereja yang diemban orang Percaya (secara khusus Gereja Huria Kristen Indonesia - HKI ). TUHAN Yesus memberkati. Wassalam. ( hp,- )

HKI Maranatha Membangun
Gereja HKI Marantha Resort Siantar III terletak ditempat yang strategis untuk pengembangan HKI ke depan. Berkat semangat dan kerja keras parhalado dan juga warga jemaat HKI Martoba, maka pada tanggal 6 Mei 2001 berdirilah gereja HKI Marnatha yang terletak di Jln. Sidomulyo, Kel. Naga Pita dengan bentuk bangunan semi permanen. Untuk pengembangan HKI, maka pada saat ini warga jemaat dan Parhalado HKI Maranatha dan didukung Warga jemaat dan Parhalado Resort Siantar III sedang menggalakkan pembangunan gereja yang baru untuk mengganti gedung gereja yang lama.
Dengan semangat yang tinggi dari warga jemaat yang masih jumlah 60 KK, pada saat ini telah dilaksanakan pembangunan secara bertahap, yaitu telah berdiri gedung gereja HKI Maranatha yang baru dengan ukuran 12 X 24 M. Pada saat ini pembangunan yang telah terlaksana pemasangan batu, kosen jendela dan pintu. Karena keterbatasan dana maka pembangunan gereja belum dapat terlaksana.
Melalui Bina Warga yang kita cintai ini, kami dengan kerendahan hati mengharapkan dukungan bapak/ibu/saudara/i baik secara doa maupun materi untuk terwujudnya pembangunan gedung gereja HKI Maranatha yang baru. Bagi bapak/ibu/saudara/i yang tergerak hatinya untuk membantu pembangunan gereja tersebut secara materi, dapat mengirimkannya ke No. Rekening Bank BRI Cabang P. Siantar No: 0113-01-034067-50-2, atas nama Eni Artati Purba. Syalom (Lap. Cln. Pdt. Darwin Saragi, S.Th)