Tuesday, February 17, 2009

Editorial Bina Warga Edisi Pebruari - Maret 2009


Tahun Diakonia

Dari 3 Panggilan Gereja (Marturya, Koinonia dan Diakonia), tanpa bermaksud meninggalkan pelayanan yang lain, tahun 2009 kita akan lebih memfokuskan bidang pelayan kepada salah satu darinya, yakni bidang Diakonia. Lewat Lembaga Kemitraan Gereja-gereja di Sumatera Utara, tahun 2006 lalu, Pucuk Pimpinan telah mengusulkan bahwa HKI akan mempersiapkan diri menjadi Fasilitator bagi pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat dibidang Pertanian dan Peternakan. Hal itu juga telah ditunjukkan oleh intensitas kegiatan Departemen Diakonia yang telah melakukan banyak kegiatan Pelatihan Pertanian/Peternakan Organik, yang bukan hanya untuk warga HKI, juga kepada warga gereja lain dan bahkan telah melayani Pemkab HUMBAHAS.

Pada rapat Majelis Pusat, bulan September 2008 telah disepakati program HKI 2009 sebagai tahun Diakonia. Pucuk Pimpinan telah memulai Sosialisasi melalui Almanak HKI 2009. Keseriusan kita untuk mencanangkan dan melaksanakan bidang pelayanan diakonia pada tahun ini, Pucuk Pimpinan telah mengangkat Panitia Pencanangan untuk mempersiapkan dan memfasilitasi satu kegiatan besar (Perayaan Puncak Pencanangan Tahun Diakonia) yang akan dilaksanakan pada Minggu, 15 Maret 2009 bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) P.siantar. Kegiatan ini dipadu berdekatan dengan rapat Majelis Pusat dan Rapat Konven Pendeta, dengan harapan semua Majelis Pusat dan Pendeta HKI bersama warga jemaat dan undangan hadir pada perayaan tersebut. Satu target yang hendak dicapai oleh Panitia adalah Pengumpulan Dana bagi Pembangunan Training Center Diakonia HKI.

Sebagaimana dilaporkan Pucuk Pimpinan HKI di Sinode ke-58 di Berastagi, telah dibeli sebidang Tanah Peruntukan Pembangunan Training Center berlokasi di Tiga Dolok-Simalungun. Sketsa dan tahapan Rencana Pembagunan juga telah di rancang. Bukan hanya itu, dalam beberapa kali kunjungan mitra Luar Negri ke Kantor Pusat HKI; Pucuk Pimpinan juga membawa mereka ke lokasi Pembangunan Training tersebut untuk meyakinkan sembari meminta bantuan mereka untuk pelaksanaan tahapan pembangunan yang membutuhkan Dana yang cukup besar. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan adanya bantuan Luar Negri untuk kegiatan dimaksud. Namun hanya inikah kegiatan yang akan kita laksanakan pada tahun Diakonia ini ? Untuk menyegarkan kita semua, sekali lagi mari kita simak apa yang dikatakan oleh Pucuk Pimpinan kita:

Saudara-saudaraku yang kekasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus,
Tahun 2009 ini kita sebut Tahun Diakonia dalam pelayanan kita di Huria Kristen Indonesia. Tujuan kita menjadikan tahun 2009 ini menjadi tahun diakonia adalah untuk lebih meningkatkan pelayanan kita di bidang diakonia, tanpa melupakan pelayanan kita pada bidang Pekabaran Injil (Marturia), Persekutuan (Koinonia). Seperti telah kita tuliskan dalam PRT HKI Tahun 2005 , Bab IV, Pasal 16, d, bahwa Ruang Lingkup Kerja Departemen Diakonia ialah:

a) Pelayanan Sosial.
b) Pelayanan Pendidikan.
c) Pelayanan Kesehatan.
d) Lingkungan Hidup.
e) Pengembangan Masyarakat.
f) Dana Pensiun.

Memperhatikan luasnya ruang lingkup pelayanan ini dan terbatasnya sumber daya kita, maka prioritas utama yang akan kita sentuh pada tahun 2009 ini ialah Pelayanan Sosial, Lingkungan Hidup, Pengembangan Masyarakat dan Dana Pensiun.

Siapakah yang bertanggung jawab melakukan pelayanan yang sangat luas ini?. Jawabnya, ialah kita secara bersama-sama. Bagaimana caranya? Caranya ialah:
  1. Seluruh Warga HKI diajak untuk mendoakan pelayanan ini.
  2. Seluruh Warga HKI diajak untuk mendukung pelayanan ini secara sungguh-sungguh dengan memberikan sebahagian apa yang dimiliki (tenaga, pikiran, uang, dsb).
  3. Masing-masing Jemaat atau Resort atau Daerah di seluruh jajaran pelayanan HKI dianjurkan dengan sangat, agar mendukung ”Program Diakonia” yang telah disusun dari Kantor Pusat HKI. Program dimaksud telah disebarluaskan oleh Pucuk Pimpinan HKI kepada seluruh Jemaat HKI melalui Preses kita di Daerah-Daerah.

Tuhan Yesus berfirman:”Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang” (Lukas 4:18-19).

SELAMAT BERDIAKONIA. TUHAN MEMBERKATI SAUDARA-SAUDARA
Terima kasih.
Ephorus
Pdt.Dr.B.Purba.