Tuesday, February 23, 2010

Berita Kegiatan MBW Edisi Februari - Maret 2010


PENAHBISAN PENDETA HKI – TAHUN 2009


"Ditengah tantangan dan peluang yang ada, setiap umat TUHAN Yesus harus "berjuang" mempertahankan komitmen dalam hidupnya untuk setia kepada Jalan KebenaranNya. Karena, baik disadari maupun tidak disadari, tantangan dan peluang yang ada bisa saja membuat manusia meninggalkan jalan TUHAN. Secara khusus bagi Pelayan Gereja, Tohonan yang diberikan TUHAN Allah jangan membuat tinggi hati melainkan justru semakin membuat dia tetap dalam sikap kerendahan hati". Demikian sebagian Khotbah Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus HKI) yang mengambil Nats dari Lukas 13:23-30, pada Ibadah Minggu Advent III dan Penahbisan Pendeta HKI, Minggu 13 Desember 2009 di HKI Resort Khusus Helvetia Medan.
Penahbisan Pendeta dipimpin oleh Ephorus dan Sekretaris Jenderal HKI. Ada 5 (lima) orang yang menerima Tahbisan menjadi Pendeta, y.i :

1. Efendy Nadeak, STh : Pelayanan sebelumnya sebagai Guru Huria HKI Simpang Marindal HKI Resort Medan VI.
2. Harri Hutagalung, STh : Pelayanan sebelumnya sebagai Guru Huria HKI Berastagi, Resort Tanah Karo.
3. Helen Br. Lumban Tobing, STh : Pelayanan sebelumnya sebagai Guru Huria HKI Patane Resort Patane Porsea.
4. Ebsan Simanjuntak, STh : Pelayanan sebelumnya di Pos Pelayanan Tanjung Pinang HKI Resort Bengkong Indah Batam
5. Jumadi Pane, STh : Pelayanan sebelumnya di Resort Ajibata.
Ibadah Minggu dihadiri sekitar 700 warga Jemaat HKI termasuk Paduan Suara dari HKI Simpang Marindal,HKI Patane Porsea, HKI Berastagi dan Undangan lainnya.

Usai ibadah Minggu, acara dilanjutkan dengan Kata-kata sambutan, a.l oleh :

1. Panitia Pelaksana : CSt. Drs. B. Tampubolon
2. Konven Pendeta HKI : Sambutan diwakili oleh Pdt. Marhasil Hutasoit, MTh
3. Majelis Pusat HKI : St. Ir. Erwin Napitupulu
4. Departemen Agama Kota Medan
5. Pucuk Pimpinan HKI : Pdt. R. Simanjuntak, BD
6. Ucapan terimakasih dari Pendeta yang menerima Tahbisan : Diwakili Pdt. Efendy Nadeak, STh
Diakhir acara, dilaksanakan makan bersama, ramah tamah dan foto bersama dengan Pendeta yang menerima Tahbisan. Hadir dalam Acara a.l Ephorus HKI - Pdt. Dr. B. Purba dan Ibu, Sekretaris Jenderal HKI – Pdt. R. Simanjuntak, BD & Ibu, Pdt. Dr. Langsung Sitorus (Majelis Pusat), Pdt. Marhasil Hutasoit, MTh (Majelis Pusat), Pdt. Johanes Panjaitan, STh (Majelis Pusat), Pdt. Naomi Simarmata, MTh (Majelis Pusat), St. Ir. Erwin Napitupulu (Majelis Pusat), Pdt. M. Saragi (Praeses HKI Daerah I Sumatera Timur I), Pdt. S. Br. Nainggolan, STh (Praeses HKI Daerah III Tobasa), Pdt. K. Simorangkir, STh (Praeses HKI Daerah VI Sumatera Timur II), Pdt. M. Lumban Gaol, STh (Ka.Dep Marturya), Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka.Dep. Koinonia), Pdt. Happy Pakpahan, S.Th (Sek. Eksekutif PP), Pdt. Edwin Simanullang, STh (Staff PP). para Pendeta HKI yang melayani di Medan sekitarnya, jemaat HKI yang ada di medan sekitarnya dan Undangan lainnya. Kita doakan kiranya para Pelayan secara khusus Pendeta HKI semakin dimampukan melayani dengan rendah hati. (hp).


HKI BALI BERJUANG DI KOTA PARAWISATA INTERNASIONAL

Bukanlah hal yang mudah berjuang diperantauan, apalagi untuk mengeksiskan diri untuk mendapat pengakuan dan dukungan baik spritual maupun moril dari gereja dimana kami dulunya kami aktif, demikian tutur para pelayan HKI Bali. Kami bahkan dianggap orang "bersalah" karena mendirikan HKI dan di "ban" oleh gereja yang kami tinggalkan. Itulah salah satu momok dari warga HKI yang hingga sekarang tidak berani datang bergabung dengan kita, tambah mereka. Disamping itu, kondisi kita sekarang yang masih menumpang di gereja GBKP dan baru dapat menggunakannya setelah sore menjadi salah satu alasan yang mengganggu. Itulah beberapa pernyataan dari jemaat Bali ketika kami (Ka.Dep. Marturia) dalam salah satu kesempatan kunjungan kerja (pada bulan Nopember 2009, setelah meninjau jemaat Bontang) ke HKI Bali.

Pada kesempatan perkunjungan tersebut, bersama Pendeta HKI Bali (Pdt. Ronald Sihombing, S.Th) mengunjungi Pdt. Resort HKBP Bali untuk bersilaturahmi dan menjalin komunikasi sekaligus agar momok yang selama ini menjadi salah satu penghambat dapat segera dihilangkan. Puji Tuhan, Pendeta HKBP Resort Bali, yang berkebetulan masih baru ditempatkan disana bersama satu orang parhalado menerima kunjungan dengan hangat.

Hambatan lain yang cukup berat adalah pengadaan pertapakan Gereja. Harga tanah sangat mahal (1 are=10x10= Rp. 200 juta)..Menurut penuturan Praeses Daerah VII, Pdt. M.P. Hutabarat, sedang dijalin komunikasi dengan Kontraktor Perumahan Korea di Bali untuk memberikan tanah dilokasi mereka bagi gereja HKI. Mari kita doakan kiranya hal itu dapat terwujud. (mlg)


PESTA PEMBANGUNAN RUMAH DINAS PENDETA RESORT SIPAHUTAR II
DAERAH II SILINDUNG - PANGARIBUAN



Semakin seringnya perjumpaan Pelayan dan jemaat yang dilayani tentu akan meningkatkan mutu pelayanan. Mengingat jumlah jemaat (gereja) di Resort Sipahutar sebanyak 17 Gereja dengan jarak tempuh yang cukup jauh sudah barang tentu mengurangi efisiensi pelayanan. Untuk itulah, jemaat-jemaat di resort ini menyepakati pemekaran resort. Melalui Pendeta Resort Pdt. J. Siburian, STh, resort ini melayangkan surat kepada Praeses/Pimpinan Daerah II Silindung Pangaribuan untuk merekomendasikan kepada Pucuk Pimpinan memekarkan Resort Sipahutar menjadi 2 (dua) resort. Mengingat kebutuhan pelayanan, Pucuk Pimpinan menyetujui permohonan tersebut dengan Surat Keputusan Pucuk Pimpinan HKI Nomor 028/ PP/ HKI / 1/ 2009 Tanggal 27 Januari 2009, yaitu:

Resort Sipahutar II :
1. HKI Siabal-abal (Zetel)
2. HKI Onan Runggu
3. HKI Tornauli Sitapongan
4. HKI Lobutolong
5. HKI Lumban Lobu.
6. HKI Pardomuan (Ambar Hoda)
7. HKI Lumban Holbung

Resort Sipahutar I:
I.HKI Siparendean (Zetel)
2. HKI Doloknagodang
3. HKI Siateate
4. HKI Pardomuan Nauli
5. HKI Jabi jabi
6. HKI Sosor Siamporik
7. HKI Hutamamungka
8. HKI Lumban Tanjung
9. HKI Sialogo
10. HKI Hutagurgur.

Mengingat belum tersedianya Rumah Dinas Pendeta Resort Sipahutar II, untuk sementara, Pendeta resort Sipahutar II menempati rumah dinas lama Pendeta di Siparendean. Namun didorong semangat yang berkobar, Resort ini segera mengangkat panitia Pesta Pembangunan, yaitu: Ketua : St. S.M. Panjaitan ( Guru Jemaat HKI Siabalabal ) Sekretaris : St. L. Lubis ( Guru Jemaat HKI Lumban Holbung ) Bendahara : St. A. Tampubolon ( HKI Onan Runggu ) Seksi Dana : St. M. Nababan (HKI Siabalabal ). Berkat Rahmat Allah Tuhan kita yang Maha Pengasih dan Penyayang, pada hari Minggu tanggal 29 Maret 2009 dilaksanakan Pesta Pembangunan Rumah Dinas Pendeta Resort Sipahutar II. Pesta tersebut cukup meriah yang dihadiri ± 400 orang warga Jemaat HKI dan masyarakat, paduan suara PA HKI Onan Runggu menyumbangkan lagu dengan judul "Molo Hu Rimang - Rimang I" yang begitu meriah dibawah pimpinan dirigen St. A. Tampubolon. Tidak ketinggalan, Sekjen HKI/Nyonya dan Pdt.A. Br. Simanjuntak turut menyumbangkan lagu puji-pujian.

Pesta itu berjalan dengan baik dan berhasil mengumpulkan dana Rp. 39.817.000,- (tiga puluh sembilan juta delapar ratus tujubelas ribu rupiah) ditambah sumbangan dari Jemaat dari dari anak rantau Rp. 11.000.000,- ( sebelas juta rupiah ) sehingga jumlah dana keseluruhan yang dapat terkumpul Rp. 50.817.000 ( lima puluh juta delapan ratus tujuh belas ribu rupiah ). Hadir pada pesta tersebut Bapak Pdt. R. Simanjuntak,BD ( Sekjen HKI ) selaku pengkhotbah_dan Praeses Daerah II Silindung - Pangaribuan (Pdt. T. Sihombing, STh Liturgis) juga hadir Pdt. T. Hasibuan (Pendeta Resort Hutabarat Tarutung Timur I), Pdt. J. Siburian,STh (Resort Sipahutar I), Pdt. A. Br. Simanjuntak, STh (Resort Sipahutar II), Pdt. C.M.E. Siregar, STh (Resort Huta Tinggi).

Meskipun dana yang terkumpul belum cukup untuk membangun (dibutuhkan biaya Rp. 70.000.000), namun Rumah tersebut telah dibangun bertempat disamping Gereja Siabal-abal dengan ukuran Lebar 6 meter, Panjang 13 meter, Tinggi 3 meter (permanent). Hingga kini, resort masih berhutang sejumlah Rp. 20.817.000; ( dua puluh juta delapan ratus tujuh belas ribu rupiah).

Demikian kami beritahukan, berkat dukungan dan doa Bapak/ Ibu / Saudara/i warga jemaat HKI sehingga Rumah Dinas tersebut dapat terlaksana, Tuhan tetap Memberkati kita. (Pdt.A.I. br. Simanjuntak, S.Th)


PUCUK PIMPINAN MENERIMA KUNJUNGAN KERJA DARI EVANGELICAL LUTHERAN CHURCH OF AMERICA (ELCA)


Jumat 13 Nopember 2009, jam 15.00 WIB, Pdt. Dr. Burju Purba (Ephorus) dan Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sek.Jend) didampingi Pdt. Happy Pakpahan (Sek. Eksekutif P.P) dan Pdt. Edwin Simanullang (Staff P.P), menerima kunjungan kerja Rev. Philip Baker, PhD (Rigional Representative Theological Education Pacific), Megan Bradfield (Associate Director for International Development Global Mission – ELCA), dan Richard Shaker.

Pertemuan di lakukan di ruang kerja Ephorus, Kantor Pusat HKI. Materi Pembicaraan dalam pertemuan a.l :
  1. Memperkenalkan HKI dan kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan dalam pelaksanaan Tritugas Panggilan Gereja.
  2. Pembangunan Sumber Daya Pelayan HKI.
  3. Informasi tentang rencana pembangunan Training Center bidang Peternakan dan Pertanian Organik di Tiga Dolok.
  4. Tindak lanjut hubungan kerjasama HKI – ELCA.
Usai pembicaraan, Pucuk Pimpinan HKI mangulosi Rev. Philip Baker, PhD dan Megan Bradfield yang baru pertama kali berkunjung ke Kantor Pusat HKI. Kita doa dan dukung kiranya hubungan kemitraan HKI dan Evangelical Lutheran Church of America (ELCA) semakin baik dan menjadi berkat dalam rangka pelaksanaan Amanah Agung dari Tuhan Yesus Raja Gereja. Salam Marturya. (hp)



LATIHAN PERSIAPAN PELAYANAN (LPP) & UJIAN PENERIMAAN CALON PENDETA HKI – TAHUN 2009 & PENGUMUMAN HASIL


Untuk Tahun Kerja Pelayanan Tahun 2009, Kantor Pusat HKI kembali melaksanakan Latihan Persiapan Pelayanan dan Ujian Penerimaan Calon Pendeta HKI. Rangkaian Kegiatan akan dilaksanakan tanggal 02 – 06 Nopember 2009, bertempat di Kantor Pusat HKI, di Pematang Siantar.

Acara diawali Ibadah dan kemudian di buka oleh Ephorus HKI, Pdt. Dr. B. Purba, pada hari Senin 02 Nopember 2009. Dalam Pembukaan, Ephorus HKI menyampaikan bahwa tantangan zaman dan tuntutan medan pelayanan mengkondisikan setiap Calon Pendeta HKI harus memiliki SDM yang memadai, dan kemampuan SDM yg dimiliki harus memiliki Motivasi Pelayanan yang benar dan dilandasi Iman.

Kegiatan Ujian akan di Psikotes dan Ujian Tertulis bagi seluruh peserta. Dan bagi peserta yang lulus akan kemudian mengikuti Latihan Persiapan Pelayanan. Materi di masing-masing kegiatan, y.i :

1. Testing Penerimaan Calon Pendeta

Dengan Materi :
1. Pengetahuan Isi Alkitab :Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus)
2. Pengenalan HKI : Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal)
3. Motivasi : Drs. Laksana Lumbantobing (Psikolog)
4. Kesiapan Melayani : Pdt. Marhasil Hutasoit, MTh
2. Latihan Persiapan Pelayanan : Bagi seluruh Peserta
  1. Poda Tohonan : Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus)
  2. Pengenalan Tugas dan Evaluasi Laporan Pelayanan : Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus)
  3. Pengenalan HKI (Tata Gereja, Liturgi, Sejarah/Konteks Budaya) : Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal)
  4. Pemamfaatan Tehnologi Informasi bagi Pelayanan (IT) : Pdt. Happy Pakpahan (Sekretaris Eksekutif Pucuk Pimpinan)
  5. Planning, Monitoring, Evaluation (PME) : Pdt. Marhasil Hutasoit, MTh
  6. Peningkatan Mutu Khotbah : Pdt. Marhasil Hutasoit, MTh/Pdt. M. Lumbangaol, STh
  7. Management Gereja HKI : Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka.Dep. Koinonia)
  8. Metode Penyusunan Laporan Pelayanan : Pdt. Happy Pakpahan
3. Ujian Gerejawi
  1. Pengetahuan Isi Alkitab
  2. Uraian Tugas Pendeta "Poda Tohonan"
  3. Motivasi/Spiritualitas
  4. Pengenalan HKI (Tata Gereja, Konfessi, Peraturan HKI)
  5. Kesiapan Melayani (Ketrampilan Khotbah, Liturgi, Nyanyian)
  6. Oikumene
Peserta Yang Mengikuti Ujian Penerimaan dan LPP Calon Pendeta HKI 2009 LPP III adalah :
UJIAN GEREJAWI (LPP III):
  1. Efendy Nadeak, STh
  2. Hary Jesse Hutagalung, STh
  3. Helen Lumbantobing, STh
  4. Ebsan Simanjuntak, STh
  5. Jumadi Pane, STh

LPP II adalah :
  1. Dudi Napitupulu, STh
  2. Rudy Edward Nababan, STh
  3. Binton Simanjuntak, STh
  4. Rotua Silitonga, STh
  5. Rosida Sianturi, STh
  6. Patar Manalu, STh
Ujian Penerimaan adalah :
  1. Rio Pendi Nababan, S.Th
  2. Nelly Erna Uii Basa Butarbutar, S.Th
  3. Arnes Amudi Pasaribu, S.Th
  4. Lisna Lisensi Saragih, S.Th
  5. Eva Monalisa Katriyanti Samosir, S.Th
  6. Waldheim H.M. Hasugian, S.Th
  7. Marangkup Hutasoit, S.Th
  8. Yansen Parlagutan Hasibuan, S.Th
  9. Invokavit Hutabarat, S.Th Jese Sagala, S.Th
  10. Romel Robin Simamora, S.Th
  11. Ali Sadikin Jekson Sormin, M.Min
  12. Tulus Hutagalung, S.Th
  13. Herijon Hutabarat, S.Th
  14. Edward Manalu, S.Th,
  15. Rosintan Gultom, S.Th
  16. Paradon Pasaribu, S.Th
  17. Annaria br. Siburian, S.Th
  18. Hadrian Gunawan Parasian Lumban Gaol, S.Th
  19. Ramayanti Simorangkir, S.Th
  20. Jhon Kristian Batara Purba, S.Th
  21. Wyn Nico Iqnatius Sibarani, S.Th
  22. Doris Martina Siagian, S.Th
  23. Nugraheni Winata, M.Th
  24. Juris Tanjung
  25. Rusman Sibarani
PENGUMUMAN - HASIL UJIAN
Pada hari Rabu, 4 Nopember 2009, Pucuk Pimpinan mengumumkan hasil Ujian Penerimaan. Dari Hasil Ujian dan pertimbangan Tim Penguji, diputuskan 18 Peserta Ujian Gerejawi Lulus dengan memuaskan, dan 8 Peserta Lulus Bersyarat, sedangkan 1 Peserta harus mengikuti Ujian Ulang. Dan pada hari Jumat, tanggal 6 Nopember 2009 Pucuk Pimpinan mengumumkan bahwa 3 dari 5 orang Peserta Ujian Gerejawi (LPP III) dinyatakan Lulus Memuaskan dan 2 perserta lain harus mengikuti kembali Ujian Gerejawi dan beberapa Tugas yang harus ditunaikan sebelum Ulangan Ujian Gerejawi dimaksud.
Ujian Ulangan sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 30 November 2009. Setelah melalui rangkaian proses wawancara, pembekalan dan test maka ditetapkan 1 Peserta Ujian Ulang LPP 1 dan diterima sebagai Calon Pendeta HKI dan 2 Peserta Ujian Ulang LPP III dinyatakan Lulus dan akan mengikuti Penahbisan.
Kita doakan kiranya pelaksanaan LPP dan Ujian Gerejawi ini semakin meningkatkan SDM & menseleksi Para Calon Pendeta yang akan melayani di HKI dengan kerendahan hati, demi kemuliaan TUHAN Yesus Raja Gereja. Tuhan Yesus memberkati. Salam marturya. (hp)


PENGEMBANGAN PELAYANAN PENCEGAHAN DAN PENDAMPINGAN HIV AIDS MELALUI PONDOK KASIH HOLISTIC HIV AIDS HKI-GKPS-GKPI-UEM REG. ASIA.

Dalam rangka pengembangan pelayanan Gereja terhadap pencegahan penyebaran HIV AIDS dan pendampingan terhadap Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Maka Gereja HKI – GKPS – GKPI - UEM Regional Asia membentuk Pondok Kasih Holistic HIV AIDS. Pondok kasih ini adalah wadah bersama Komite/Badan HIV AIDS yang ada di Gereja HKI-GKPS-GKPI bersama UEM Regional Asia. Tujuan terbentuknya Pondok Kasih ini adalah sebagai bentuk kerja sama memaksimalkan kerja sama pelayanan menghadirkan upaya-upaya pencegahan, pendampingan dan perawatan terkait HIV AIDS bagi seluruh warga Gereja dan masyarakat secara umum.

Pondok Kasih ini telah diresmikan di GKPS Jl. Sudirman Pematang Siantar pada hari Selasa, 1 Desember 2009, tepat pada hari Peduli HIV AIDS sedunia. Acara dihadiri + 500 orang a.l Pimpinan Gereja HKI, GKPS, GKPI, perwakilan UEM Regional Asia, Pengurus Pondok Kasih Holistic, Perwakilan Polresta Siantar, Guru dan Siswa sekolah-sekolah yang dikelola GKPS, GKPI dan HKI.

Penandatanganan Prasasti Pondok Kasih HIV AIDS, dilakukan ber - urut oleh :

· Ephorus GKPS : Pdt. Belman Purba Dasuha, STh
· Ephorus GKPI : Pdt. Dr. MSE Simorangkir
· Ephorus HKI : Pdt. Dr. Burju Purba
· UEM Regional Asia : dr. Alphinus Kamboji

Pengurus Pondok Kasih Holistic terdiri dari perwakilan Gereja-Gereja HKI-GKPI-GKPS yang selama ini sudah mengabdikan diri pada program-program terkait HIV AIDS - serta didukung oleh dr. Aphinus Kamboji (UEM Regional Asia). Pengurus Pondok Kasih yaitu :

-Ketua : dr. Leony Silalahi
-Sekretaris : Pdt. Tony Hutagalung, MSc
-Bendahara : Palma Rajagukguk
-Dibantu beberapa Komisi/Bidang.
Bagi warga HKI dan warga Gereja secara umum yang membutuhkan Konsultasi, Pemeriksaan, Konseling tentang HIV AIDS dapat menghubungi :

Sekretariat Pelayanan Pondok Kasih
Jl. Pdt. J. Wismar Saragih – Kompleks Kantor Pusat GKPS.
Contact Person Pelayanan :
1. dr. Leoni Silalahi : 0813 6175 2369
2. Pdt. Tony Hutagalung, MSc : 0813 6113 0467
3. Palma Rajagukguk : 0852 7057 3434
Dan juga dapat menghubungi Pengurus Pondok Kasih Holistic dari HKI, yaitu :
1. Pdt. Noderia Manalu, STh (Ketua Komite HIV AIDS HKI)
2. Pdt. Happy Pakpahan
3. Pdt. Herlina Gultom, STh
4. Pdt. Jansen Simanjuntak, STh
5. dr. Margareta Gultom, Spa
Kita dukung dan doa pengembangan pelayanan terkait HIV AIDS di Gereja-gereja, sehingga bukan saja terjadi pencegahan HIV AIDS tetapi ikut menghilangkan Stigma terhadap ODHA, pola hidup sehat, setia yang berawal dari sikap takut akan TUHAN. Salam Marturia. (hp)


RUMAH DINAS PRAESES HKI DAERAH IX HUMBANG DITEMPATI


Rumah Dinas Praeses HKI Daerah IX Humbang telah selesai dibangun dan telah ditempati oleh Praeses Pdt. Firman Sibarani, M.Th bersama keluarga. Acara memasuki dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2009 dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. Samsul Sarjono Manurung, S.Th.
Rumah dinas ini berdiri di atas lahan seluas ± 6.000 m2 di Jalan Aek Mardugu Desa Purba Manalu-Doloksanggul. Keadaan rumah permanen dengan fasilitas 3 kamar tidur, 3 kamar mandi/toilet, 1 ruang belajar dan sebuah garasi. Pembelian lahan dan selesainya pembangunan rumah dinas ini (walau masih ada hutang 70 juta lagi) adalah berkat kerjasama yang baik dan partisipasi dari warga jemaat, Sintua, Guru Jemaat dan Pendeta HKI se Daerah IX Humbang yang dipimpin oleh panitia pengadaan tanah dan pembangunan Rumah Dinas Praeses HKI Daerah IX Humbang dengan ketua St. Bangun Hutasoit, S.Pd, Sekretaris Drs. Lamhot Hutasoit, Bendahara Gilbert Manalu dan dibantu oleh beberapa seksi dan anggota.

Pada kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan hormat kepada Panitia, para Pendeta, Guru Jemaat, Sintua, warga HKI se Daerah IX Humbang, serta secara khusus kepada Pemkab Humbang Hasundutan, DPRD Humbang Hasundutan, St. Ir. Jonner Togatorop (Jakarta), Ir. Reinward Simanjuntak (Balon Wakil Bupati Toba Samosir), St.Ir.Marasal Hutasoit dan Roslinda Marpaung (Anggota DPRD-SU), Pdt. Dr. Langsung Sitorus, M.Th dan Pdt. Marhasil Hutasoit, M.Th (MP HKI), Pdt. Salome Nainggolan, S.Th (Praeses HKI Daerah III Tobasa) serta semua pihak yang turut berpartisipasi namun tidak kami sebut namanya di sini dengan iringan doa, Tuhan memberkati kamu". (Pdt. Firman Sibarani, M.Th)

KONFERENSI TEOLOGI LUTHERAN


Ditengah pertumbuhan gereja di Indonesia saat ini, muncul berragam pemahaman theologia yang mau tidak mau sangat mempengaruhi pola pikir bergereja. Itu sebabnya, Sinode HKI ke-58 yang memutuskan perlunya mengadakan kegiatan seminar theologi Lutheran. Pada Tanggal 6-19 Nopember 2009 yang lalu, Pucuk Pimpinan HKI menghunjuk Pendeta HKI sebanyak 7 orang, yaitu : Pdt. S. br. Nainggolan, STh (Praeses Daerah III Toba Samosir), Pdt. Happy BK. Pakpahan, STh (Sekretaris Eksekutif Pucuk Pimpinan), Pdt. Edwin JP. Simanullang, STh (Staff Pucuk Pimpinan), Pdt. HT. Fresly Simamora, STh (Pendeta HKI Resort Lintong Ni Huta), Pdt. Norton Sinaga, STh (Pendeta HKI Resort Pakkat-Tarabintang), Pdt. Rita R. Siregar, STh (Pendeta HKI Resort Tarutung Timur II) dan Pdt. Ance Idaris CC. Simanjuntak, STh (Pendeta HKI Resort Sipahutar II) mengikuti Lutheran Theological Conference dengan topik Bishop and The Holy Ministry di Sopo Toba Hotel, Samosir. Konfrensi ini terlaksana atas kerjasama antara Lutheran Academy St. Lois MO Amerika dan Akademi Lutheran Indonesia.

Materi yang diseminarkan pada saat itu adalah:
  1. The 1Day : Indonesian Context of theme
  2. The 2Day : Marthin Luther and the office of ministry, The Christological Faoundation of the office, The Priesthood of all believers.
  3. The 3Day : The Call and Ordination, Duties and Qualification of ministers.
  4. The 4Day : Church Government and assting office, Holy ministry, Bishop and Church order in Indonesian Churches.
Konfrensi ini berjalan dengan baik dan lancar yang terlihat dari keaktipan para peserta sebanyak 75 orang dari Denominasi Gereja Lutheran yang hadir disana. Diharapkan dengan adanya konfrensi ini maka para peserta dapat lebih memahami Theologia Lutheran yang murni dan dapat diterapkan dalam setiap aras pelayanan mereka. (ejp)


IBADAH NATAL BERSAMA KANTOR PUSAT HKI DAN RUMAH ZARFAT HKI

Pada hari Rabu, 30 Desember 2009, diadakan Acara Natal bersama Kantor Pusat dan Panti Asuhan Zarfat HKI. Rangkaian Acara diawali Makan Bersama Pucuk Pimpinan & Staff – Pegawai Kantor Pusat HKI dengan Pengasuh dan anak-anak Rumah Zarfat HKI. Usai makan bersama dilanjutkan Ramah Tamah dan Pembagian Hadiah Natal kepada anak-anak Rumah Zarfat yang disampaikan oleh Bapak Ephorus dan Sekretaris Jenderal HKI. Dalam sambutannya Ephorus HKI Pdt. Dr. Burju Purba menyampaikan bahwa kegiatan Natal bersama di Rumah Zarfat ini adalah Natal terakhir beliau jalani sebagai Ephorus HKI. Ada banyak kenangan dan tantangan yang dialami melayani sebagai Pucuk Pimpinan termasuk dalam mengelola PA Zarfat HKI yang juga merupakan bagian pelayanan Pucuk Pimpinan HKI. Tetapi semuanya itu berkat penyertaan Tuhan Yesus dapat diatasi secara bersama dan pelayanan Rumah Zarfat dalam eksis. Sehingga dalam pelayanan di Kantor Pusat dan PA. Zarfat HKI, hanya TUHANlah yang harus dimuliakan.

Usai Acara Ramah Tamah, acara dilanjutkan dengan Ibadah Natal. Ibadah dilayani oleh Pdt. Edwin Simanullang, STh (Agenda), Diakones Donce br. Tobing (Pembawa Acara) dan Pdt. Happy Pakpahan sebagai Pengkotbah. Khotbah yang disampaikan memakai multimedia mengambil Nats dari Roma 12 : 2 yang pada intinya mengajak semua hadiri merenungkan apakah semua hadirin mengalami pembaharuan budi?. Orang yang mangalami pembaharuan budi akan hidup bersyukur - tidak bersungut-sungut, perilaku dan ucapna adalah saksi Kristus , tidak menyebarkan rasa benci melainkan kasih, mempersatukan bukan memecahbelah dan semakin menyadari bahwa pekerjaannya adalah Mimbarnya. Kantor Pusat adalah mimbar bagi semua orang yang bekerja di dalamnya. Sehingga hendaklah Firman Tuhan yang terberita melalui semua aktifitas di Kantor Pusat dan di Rumah Zarfat.

Hadir dalam rangkaian kegiatan a.l Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus), Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal) & Ibu, Kepala Departemen dan Staff Kantor Pusat, Pengasuh & anak-anak Rumah Zarfat, Pdt. Gom F. Tampubolon, STh (Pendeta HKI Resort Bah Sampuran), Guru Jemaat dan Parhalado HKI Bah Sampuran & Undangan lainnya. (red).