Wednesday, February 24, 2010

EDITORIAL EDISI FEBRUARI - MARET 2010


TAHUN MARTURIA (PEKABARAN INJIL)

Tugas memberitakan Firman Tuhan sebagaimana penugasan gereja menjadi tugas pokok bagi orang-orang yang telah menyatakan kesediaan dan telah menerima tahbisan (baca agenda penahbisan bagi Pendeta, Guru Jemaat, Biblevrouw, Diakones, Penatua). Tujuan dari tugas yang utama ini adalah untuk membawa semakin banyak orang menerima dan percaya kepada Yesus Kristus, sang Juru Selamat. Karena ini merupakan pukulan berat bagi kita para penerima tahbisan melihat begitu kurangnya animo sebagian besar warga jemaat yang tidak/kurang memberi waktu untuk datang kedalam persekutuan ibadah maupun kegiatan gereja. Bukan hanya orang dewasa yang berlaku demikian, bahkan pemuda dan juga anak sekolah minggu.

Sebagaimana ditetapkan, tahun 2010 ini menjadi tahun Marturia bagi pelayanan HKI. Artinya, tugas Marturia menjadi Fokus dan titik berat dari pelayanan kita. Dengan tahun ini kita diajak memberi perhatian khusus dan pelayanan yang lebih banyak untuk membawa semakin banyak orang datang kedalam persekutuan Kristus, pertemuan-pertemuan ibadah di gereja maupun diluar Gereja. Untuk itu mari kita simak lagi arahan dan sambutan Pucuk Pimpinan HKI dalam menyambut tahun Marturia ini:

Saudara-saudaraku Para Pelayan dan Warga HKI yang terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus. Tahun 2010 ini kita sebut Tahun Marturia dalam pelayanan di Huria Kristen Indonesia.

Thema Tahun Marturia ini kita ambil dari Amanah Agung Yesus Kristus yang mengatakan:" Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku, dan ajarlah mereka" (Matius 28:19-20). Sub Thema: Masing-masing Warga Penuh HKI mengajak satu orang lagi mengikut Kristus dan mengajar mereka.

Tujuan kita menjadikan tahun 2010 ini menjadi Tahun Marturia adalah untuk lebih meningkatkan pelayanan kita di bidang Marturia, tanpa melupakan pelayanan kita pada bidang Koinonia (Persekutuan) dan Diakonia (Pelayanan Sosial).

Seperti telah kita tuliskan dalam PRT HKI Tahun 2005, Bab IV, Pasal 16, b, bahwa Ruang Lingkup Kerja Departemen Marturia ialah:

  1. Pekabaran Injil.
  2. Teologia dan Ajaran/Dogma.
  3. Sekolah-sekolah Theologia.
  4. Liturgi dan Nyanyian Gereja.

Memperhatikan luasnya ruang lingkup pelayanan ini dan terbatasnya sumber daya dan dana yang kita miliki, maka kami dari Pucuk Pimpinan HKI:

  1. Memutuskan, supaya prioritas utama yang kita sentuh pada tahun 2010 ini ialah Pekabaran Injil, Teologia dan Ajaran/Dogma, Liturgi dan Nyanyian Gereja.
  2. Mengajak seluruh Warga dan Pelayan HKI di setiap jajaran pelayanan HKI (jemaat, Resort, Daerah, Pusat) mensukseskan Tahun Marturia ini dengan sungguh-sungguh melalui doa, tenaga, pikiran, materi/uang, dsb).

SELAMAT BERMARTURIA, TUHAN MEMBERKATI SAUDARA-SAUDARA

Ephorus

Pdt. Dr. Burju Purba.