Tuesday, May 27, 2008

Berita Kegiatan MBW Edisi Juni-Juli 2008

Rapat Praeses HKI


Sebagai bagian dari koordinasi pelayanan di HKI maka secara rutin dilaksanakan Rapat Praeses HKI. Pada tanggal 22 – 25 April 2008, bertempat di Kantor Pusat HKI, dilaksanakan Rapat Praeses Tahun 2008, yang dihadiri 7 dari 8 orang Praeses HKI. Rapat dibuka oleh Ephorus HKI, Pdt. Dr. B. Purba. Dalam sambutan dan arahan, Ephorus HKI menyampaikan bahwa Rapat Praeses kali ini lebih istimewa karena sekaligus dalam rangka persiapan Sinode ke 58 HKI. Untuk itulah dalam Rapat diundang para Kepala Departemen untuk mengevaluasi dan menginventarisir hasil pelaksanaan Program selama 3 Tahun terakhir.

Materi yang dibahas dalam Rapat Praeses 2008 adalah :
1. Laporan penatalayanan keuangan termasuk penggajian yang telah diterima pelayan penuh waktu di daerah masing-masing.
2. Pengumpulan Data Jemaat yang baru berdiri di setiap Resort terhitung mulai April 2005 s.d Maret 2008.
3. Pendataan Statistik Jemaat per Resort di setiap Daerah.
4. Laporan Pelaksanaan Program dan Keuangan & Inventaris dari masing-masing Resort di Daerah Pelayanan Praeses.
5. Evaluasi Kinerja BPKD, BPKR dan BPKJ.
6. Pembahasan Implementasi Pelatihan/Pembinaan BPKD, Pimpinan Daerah dan Bendahara Daerah.
7. Persiapan Sinode HKI ke 58
8. Pembahasan Usulan perubahan terhadap TTG HKI – Tahun 2005.
9. Warna Sari.

Hadir dalam Rapat Praeses yaitu Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus), Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal), Pdt. M. Saragi (Praeses HKI Daerah I Sumatera Timur I), Pdt. Tohap Sihombing, STh (Praeses HKI Daerah II Silindung-Pangaribuan), Pdt. Salome Br. Nainggolan, STh (Praeses HKI Daerah III Tobasa-Humbahas), Pdt. M.A.E Samosir, MTh (Praeses HKI Daerah IV Dairi-Tanah Karo-Kota Cane), Pdt. Karmen Simorangkir, STh (Praeses HKI Daerah VI Sumatera Timur II), Pdt. M.P Hutabarat, STh (Praeses HKI Daerah VII Tanah Jawa), dan Pdt. Epen Siregar, SmTh (Praeses HKI Daerah VIII Riau Sumbagsel).

Turut hadir dalam Rapat, Pdt. M. Lumban Gaol, STh (Ka.Dep. Marturya), Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka.Dep. Koinonia), Pdt. Tigor Sihombing, STh (Ka.Dep.Diakonia), Pdt. Happy Pakpahan (Sekretaris Executive Pucuk Pimpinan), Pdt. Edwin Simanullang, STh (Staff Kantor Pusat HKI). Rapat ditutup pada Hari Jumat, 25 April 2008, dalam Ibadah yang dilayani oleh Ephorus HKI, Pdt. Dr. B. Purba. Wassalam. (hp,-)


Retraining on Preaching.

Gereja-gereja anggota UEM di Asia menyadari adanya beberapa krisis dalam pemberitaan Firman Tuhan, seperti krisis keyakinan, krisis professional, krisis dinamika khotbah, krisis khotbah yang pastoral, profetis, evangelistis, bijaksana dan konstruktif, juga krisis follow up khotbah. HKI sebagai salah satu anggota telah menyadari betapa pentingnya terus berlatih dan belajar tentang Berkhotbah sebagaimana diingatkan dalam Master Plan HKI. Pucuk Pimpinan HKI pada bulan April lalu mengutus 2 orang Pendeta HKI (Pdt. M. Lumban gaol, S.Th dan Pdt. Firman Sibarani, M.Th) untuk mengikuti Retraining on Preaching yang diselenggarakan oleh UEM Regional Asia yang dilaksanakan pada 13-20 April 2008 bertempat di Wisma AGAVE GKPI - Medan. Dalam kegiatan tersebut peserta menyadari tentang ganjalan-ganjalan liturgy dan peraturan gereja yang tidak mendukung pembaharuan khotbah.

Dalam Training tersebut, peserta dibekali oleh beberapa pembicara, yakni: Pdt DR Armand Barus (pengajar Biblika di STT-Cipanas) tentang memahami pesan Alkitab secara kontekstual, Pdt. DR. A. Munthe dengan memahami dan menggunakan Perumpamaan, metode "jaring terapung", Prof. Dr. Jerry L. Schmalenberge, memberi masukan tentang : Perkembangan dan Style pemberitaan firman di dalam Alkitab,dan Metode pemberitaan firman yang narrative, dengan lima rancangan (Plot) khotbah.(ML),-



Kongres Persatuan Wanita HKI Tahun 2008



Sesuai dengan Garis-garis Besar Pelayanan, Pembangunan dan Pengembangan (GBPPP) Huria Kristen Indonesia (HKI) Tahun 2005-2010, bahwa salah satu tujuan Pelayanan bidang Koinonia adalah membangun dan mempererat persekutuan disemua aras pelayanan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, dengan mempedomani PRT HKI Tahun 2005 dan Peraturan Pokok Lembaga Persatuan Wanita (PW) HKI, maka Lembaga Persatuan Wanita HKI telah melangsungkan Kongres Tahun 2008, pada hari Jumat-Minggu, tgl. 4-6 April 2008, bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Pusat. Panitia Kongres yang diketuai : St. H. Br. Lumban Tobing (Ketua PW HKI Daerah I) ini, mengambil Thema : "Marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan pekerjaan baik dan janganlah menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita" (Ibrani 10:24-25) dan Sub Thema " Melalui Kongres PW HKI Tahun 2008, kaum Wanita HKI berpartisipasi aktif dalam membentuk keluarga harmonis Kristiani".

Kongres dibuka oleh Pucuk Pimpinan HKI, Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus) dan Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal). Turut hadir dalam acara pembukaan, Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka.Dep. Koinonia), Pdt. M. Lumban Gaol, STh (Ka.Dep. Marturya), Pdt. Jansen Simanjuntak, STh (Majelis Pusat), St. R.P.S. Janter Aruan, MH (Majelis Pusat), Pdt. S. Br. Nainggolan, STh (Praeses HKI Daerah III), Pdt. Happy Pakpahan (Sekretaris Executive PP HKI) dan Undangan lain.
Terpilih sebagai Majelis Persidangan Kongres yaitu : St. Risna Br. Pasaribu, Lely Suryati Br. Simanjuntak, St. R. Br. Banuarea, SPAK. Materi Kongres yang dihadiri + 150 Peserta perwakilan Lembaga PW HKI di 8 Daerah pelayanan ini, adalah :
1. Laporan & Pembahasan Laporan Pengurus Pusat PW HKI.
2. Ceramah :
  • a). Peranan Kaum Wanita HKI Dalam Membentuk Keluarga Hamonis Kristen.
  • b). Bahaya Narkoba dan HIV AIDS disekitar Keluarga Kristen.

3. Sidang Komisi dan Pleno.
4. Olah raga bersama
5. Pemilihan Pengurus Pusat PW HKI
6. Pelantikan Pengurus Pusat PW HKI

Melalui Proses Pemilihan yang demokratis, terpilih sebagai Pengurus Pusat PW HKI hingga masa bhakti Tahun 2010 yaitu
1. Ketua Umum:St.Risna Br.Pasaribu (Daerah VI)
2. Ketua I : St. S. Br. Sianipar (Daerah I)
3. Ketua II : St.Dra.M. Br.Simanjuntak (Daerah I)
4. Ketua III : St. S. Br. Siregar (Daerah VII)
5. Sekretaris Umum : Rosmawati Br. Pakpahan (Daerah VI)
6. Sekretaris I : D. Br. Hutasoit (Daerah I)
7. Sekretaris II : Mindo Br. Silaban (Daerah III)
8. Bendahara : Ermida Linda Br. Rumapea, SPd (Daerah I)
9. Wakil Bendahara : L. Br. Silo (Daerah VII)

Koordinator Daerah :
· Daerah I : Tiarlin Br. Simamora, SPd
· Daerah II : St. E. Br. Simanjuntak
· Daerah III : Nilam Br. Simbolon, SE
· Daerah IV : St. Nurmala Br. Manik
· Daerah V : R. Br. Silaban
· Daerah VI : Mutiara Br. Simbolon
· Daerah VII : R. Br. Hutabarat
· Daerah VIII : Lely Suryati Br. Simanjuntak

Seusai Ibadah Minggu dan Pelantikan Pengurus Pusat terpilih, Kongres PW HKI ditutup oleh Pucuk Pimpinan HKI yang diwakili Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka.Dep. Koinonia). Doa dan dukung kita kiranya Pengurus Pusat Persatuan Wanita HKI terberkati untuk menjadi Pelayan-pelayan TUHAN YESUS demi pengembangan KerajaanNya di Dunia. (hp,)


Kunjungan Rev. Wayne Zweck
(Secretary of Lutheran Church of Australia)




Kemitraan antara Huria Kristen Indonesia (HKI) dan Lutheran Church of Australia (LCA) telah berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Pada hari Selasa, 29 April 2008, bertempat di Kantor Pusat HKI, Pucuk Pimpinan HKI menerima kunjungan Rev. Wayne Zweck (Secretary of Lutheran Church of Australia) yang didampingi istri, Wendy.
Kunjungan diterima oleh Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus), Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal), Pdt. M. Lumban Gaol, STh (Ka.Dep. Marturya), Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka.Dep. Koinonia), Pdt. Happy Pakpahan (Sekretaris Executive Pucuk Pimpinan) dan Pdt. Edwin Simanullang, STh (Staff Kantor Pusat).
Banyak hal yang menjadi materi sharing dan diskusi pelayanan, antara lain Pelaksanaan dan Hasil Program Kerjasama antara HKI dan LCA yang telah dilakukan, Manajement pengambilan keputusan di HKI dan LCA, usaha memaksimalkan pemakaian Tehnologi Informasi dalam pelayanan, Penjajakan bentuk-bentuk Program kerjasama yang akan dilakukan antara HKI dan LCA. Kita doa dan dukung kiranya kemitraan antara LCA dan HKI akan semakin menjadi saluran berkat buat banyak orang demi kemuliaan TUHAN YESUS semata. Wassalam. (hp,- ).



HKI Resort Bandung Melaksanakan PENGOBATAN GRATIS

Sebagai bagian dari program diakonia gereja, Huria Kristen Indonesia (HKI) Baleendah – Resort Bandung bekerja sama dengan Yayasan Sekar Galih Jl.lengkong Besar No. 117 Bandung, mengadakan pengobatan gratis pada Sabtu 19 Januari 2008. Pengobatan gratis ini dilakukan kepada semua anggota jemaat dan masyarakat sekitar dan mencakup tiga hal yaitu;
a. Konsultasi dan pemeriksaan (diagnosa). Setelah menerima kartu antri, kemudian dipersilahkan masuk ke gereja untuk diagnosa. Pada diagnosa ini ada sekitar 8 orang dokter yang khusus didatangkan guna menangani semua jemaat dan masyarakat yang datang untuk berobat gratis.
b. Pengobatan dan pemberian obat. Setelah selesai diagnosa dan konsultasi kepada jemaat menyangkut kesadaran akan bahaya penyakit dan pentingnya menjaga kesehatan, dokter memberikan hasil diagnosa dan registrasi obat yang akan diterima dari petugas apotek yang juga bersama dokter ada di gereja HKI Baleendah.
c. Pengobatan lanjutan: Bagi mereka yang penyakitnya tergolong lebih serius diberi rekomendasi oleh dokter Yayasan Sekar Galih untuk berobat lanjutan di Klinik Sekar Galih. Dan dalam hal ini ada beberapa orang anggota jemaat yang direkomendasikan.


Kita menyadari bahwa pentingnya kesehatan bagi umat manusia sebagaimana tulisan saya pada Bina Warga edisi Des.2007-Jan.2008. Apalagi di saat ini biaya pengobatan yang besar membuat banyak orang mengalami kesulitan finansial untuk membiayai pengobatan. Maka tak heran bilamana pada acara diakonia ini banyak anggota jemaat dan masyrakat yang datang. Dan saya yakin apa yang dilakukan oleh HKI Baleendah Resort Bandung bersama dengan Yayasan Sekar Galih ini dapat berguna dan menolong anggota jemaat maupun masyarakat sekitar. Tuhan memberkati.(Pdt.Hopol M.Sihombing,STh - Bandung)


Sidang Pengurus Lengkap (SPL) PIP PNB HKI Tahun 2008

Dalam rangka evaluasi, penyusunan Program Kerja dan menguatkan sinergi pelayanan di tiap aras pelayanan Persatuan Naposo Bulung (PNB), maka pada tanggal 3-4 Mei 2008, bertempat di HKI Hinalang Balige, Pengurus Inti Pusat PNB (PIP) melaksanakan SPL Tahun 2008. SPL diikuti 80 orang Peserta yang terdiri dari PIP PNB, Koordinator Daerah PNB, Perwakilan Resort, dan perwakilan Mahasiswa HKI yang sedang menempuh pendidikan Jurusan Teologia di STT Abdi Sabda Medan. SPL di buka dalam Ibadah yang dilayani oleh Pdt. Hugo De Groot Nababan, STH ( memimpin Agenda), Pdt. S. Br. Nainggolan, STh (Khotbah) dan Pdt. Herlina Br. Gultom, STh (Doa Syafaat). Turut hadir dalam Pembukaan SPL yaitu : Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal HKI), Pdt. Tony Hutagalung, MSc (Ka.Dep. Koinonia), beberapa Pendeta yang melayani di Daerah III, Paduan Suara PNB HKI Hinalang Balige, Paduan Suara PNB HKI Sibuntuon Resort Lintong Ni Huta dan Undangan lainnya.
Dalam Sambutan Pembukaan SPL, Naro Saruksuk, SE (Ketua PIP PNB Periode 2005-2010) menekankan bahwa Pemuda HKI harus lebih konsentrasi mempersiapkan SDMnya dalam memamfaatkan peluang yang ada sekarang ini dan yang akan datang. Kaum Muda HKI jangan bersikap pasif layaknya menunggu durian jatuh, akan tetapi menjadi SDM yang kreatif, pemberi solusi, bisa membuka dan memamfaatkan peluang, dan militan terarah di tiap aktifitasnya baik di Sekolah, Kampus, Gereja dan Masyarakat, demi kemuliaan TUHAN semata. Dan diharapkan juga kepada semua orang tua, Parhalado, Pimpinan Gereja, tetap semakin memberikan kesempatan dan arahan kepada Pemuda dalam pengembangan pengetahuan dan SDM nya. Kaum muda jangan dikekang, jangan dibiarkan tetapi dituntut untuk berkembang.

Sekretaris Jenderal HKI, Pdt. R. Simanjuntak dalam Arahannya menyampaikan bahwa bercermin dari Sejarah berdirinya Bangsa Indonesia dan Sejarah Berdirinya Huria Kristen Indonesia Tahun 1927, maka kita akan melihat bahwa kaum muda sangat berperan secara signifikan. Untuk itu diharapkan agar PNB HKI saat ini dan kedepan sebagai bagian dari pelayanan HKI, agar memakai semangat mudanya untuk melahirkan sisi kreatif dan militansi dalam aktifitas pelayanan Gereja, serta di tiap aktifitasnya. Setelah memberikan arahan, Sekretaris Jenderal HKI kemudian membuka secara resmi SPL PNB HKI Tahun 2008. Ada beberapa Materi Kegiatan dalam SPL ini, a.l :

1. Seminar Oleh : Oleh Pdt. Yusak Purba, STh, MA, dengan Thema : " Peningkatan kualitas kehidupan spiritual pemuda dalam menghadapi pola kehidupan Hedonis saat ini"

2. Seminar dan pembekalan, Oleh : Pdt. Tony Hutagalung, MSc, dengan Thema : "Implementasi Planning, Organizing, Actuating dan Controlling (POAC) Dalam Menciptakan Pemimpin Yang Beriman, Tangguh dan Setia"

3. Sidang Pengurus Lengkap, dengan materi :

  1. Evaluasi Kinerja Pengurus,
  2. Laporan dan Evaluasi Program Kerja 2007,
  3. Pembahasan Rekomendasi PNB untuk dibawakan ke Sinode Kerja HKI ke 58,
  4. Analisa P3RT PNB,
  5. Penyusunan Program Kerja Tahun 2008

4. Ibadah Minggu & Ramah Tamah di HKI Hinalang, Balige
5. Wisata
6. Penutupan.


Beberapa Hal yang diputuskan dalam SPL PNB Tahun 2008, a.l :
1. Rekomendasi PNB HKI yang akan dibawakan dalam Sinode Kerja HKI ke 58:
  • PNB menjadi Biro tersendiri yang dipimpin oleh seseorang yang full timer.
  • Untuk mendukung kegiatan Lembaga (PA, PW, PNB, SM) disetiap aras pelayan, agar Gereja menganggarkan setiap tahun minimal 30 %. Lembaga tercantum secara Eksplisit dalam Struktur Gereja HKI,
  • Mengadakan kembali pelean namarboho bagi PNB
  • Mahasiswa Theologia harus mendapatkan Rekomendasi dari PP HKI, dan dimaksimalkan untuk melakukan pelayanan di PNB. Untuk itu perlu diperjelas kedudukan dan keberadaan Mahasiswa Theologia dalam Struktur HKI.
  • Pembuatan Balai Latihan Kerja (BLK)
  • Melatih dan mendayagunakan Pemuda HKI yang selama ini sulit mendapat pekerjaan untuk bekerja pada unit-unit atau Badan Usaha yang dimiliki HKI.
2. Program Kerja PIP PNB Tahun 2008

  • Melanjutkan pembuatan Data Base PNB HKI
  • Melaksanakan "Leadership Training For Youth". Dengan peserta Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PNB dari masing-masing Resort. Pelaksanaan Training ini dibagi dalam 3 Regional, yakni : Regional 1 : Daerah I, IV, VI ; Regional 2 : Daerah II, III, V ; Regional 3 : Daerah VIII dan VIII
  • PIP PNB akan menentukan tempat dan waktu Pelaksanaan SPL PNB Tahun 2009.
3. Untuk memaksimalkan Analisa terhadap P3RT PNB maka PIP akan membentuk TIM Evaluasi P3RT PNB. SPL kemudian ditutup dalam sebuah Ibadah penutupan yang dilayani oleh Pdt. Tony Hutagalung, MSc, Kepala Departemen Koinonia HKI. Kita doa dan dukung kiranya pelayanan PIP semakin bertumbuh dan semakin menjadi saluran berkat. (disarikan dari Laporan Naro Saruksuk/ hp,-)


Pesta Pembangunan HKI Sigalingging.

Bertempat di halaman Gereja HKI Sigalingging, Resort Sigalingging, Daerah IV Dakota, telah diselenggarakan Pesta Pembangunan HKI Sigalingging. Acara berlangsung pada Minggu tgl. 06 April 2008, yang dipimpin Pdt. R. Simanjuntak, BD, Sekretaris Jenderal HKI. Turut hadir dalam acara tersebut, Pdt. M.A.E Samosir, MTh (Praeses HKI Daerah IV, Dakota), Pdt. Poltak Pakpahan, STh (Pendeta Resort Sigalingging), Pdt. Jonly Pasaribu, STh (Pendeta Resort Sumbul ), Pdt. Sehat Panjaitan STh (Pendeta Resort Sumbul Berampu, berserta undangan gereja tetangga dan Pemerintah setempat. (hp,-).

Jubileum 75 Tahun HKI Sinaga – Simatupang

Dalam rangka mensyukuri 75 Tahun HKI Sinaga-Simatupang, maka pada tgl. 29-30 Maret 2008, Jemaat HKI Sinaga-Simatupang, Resort Pangaribuan Timur, Daerah II Silindung Pangaribuan, telah merayakan Jubileum 75 Tahun. Pada perayaan Puncak, Minggu 30 Maret 2008, kebaktian dilayani oleh Pdt. R. Simanjuntak, BD, Sekretaris Jenderal HKI. Acara tersebut juga dihadiri Pdt. T. Sihombing, STh (Praeses Daerah II Silindung-Pangaribuan), Pdt. T. Hasibuan ( Pendeta Resort Tarutung Timur I), Pdt. T. Br. Lumban Tobing, STh ( Pendeta Resort Pangaribuan Tengah ), Pdt. S. Situmorang, STh (Pendeta Resort Pahae Jae), Pdt. Leo Simanjuntak, STh, dan para Undangan lain. Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal menekankan danmengajak jemaat HKI Sinaga-Simatupang segera mengurus surat pertapakan Gereja HKI Sinaga Simatupang, agar dikemudian hari tidak terjadi silang sengketa yang dapat menyebabkan ketidak harmonisan peribadahan dan persekutuan seperti telah terjadi dibeberapa jemaat HKI. Surat dimaksud bukan hanya sebatas surat hibah, tetapi hingga Serifikat BPN - sebagaimana menjadi salah satu program seluruh Gereja HKI. Secara khusus, bapak Sekjend. menghunjuk bpk. St. Harinuan sebagai salah satu tetua di jemaat tersebut. Dan respon dari salah satu anak ranto sungguh luar biasa, beliau menyanggupi segala biaya untuk pengurusan surat dimaksud. (hp,-)



6 Orang Guru Jemaat Dinyatakan Lulus LPP 1 dan menjadi Calon Pendeta

Dengan mempertimbangkan kemampuan melayani dilapangan, kelengkapan persyaratan administrasi dan potensi yang ada, maka pada tanggal 21 April 2008 bertempat di Kantor Pusat HKI, 6 Orang Guru Jemaat yang telah melayani di HKI mengikuti LPP I untuk diuji menjadi Calon Pendeta HKI. Ke 6 Guru Jemaat tamatan STT HKI tersebut adalah adalah : 1. Gr. Effendy Nadeak – saat ini melayani di HKI Effrata – Resort Medan VI 2. Gr. Helen Br. Lumban Tobing - saat ini melayani di HKI Patane – Resort Patane Porsea 3. Gr. B.F Siahaan – saat ini melayani di HKI Dumai – Resort Dumai 4. Gr. Donal Silaban – saat ini melayani di HKI Bengkong Indah – Resort Batam 5. Gr. Harry Hutagalung – saat ini melayani di HKI Brastagi – Resort Tanah Karo 6. Gr. Saroha Bintang – saat ini melayani di HKI Sampe Raja – Resort Tornagodang
Materi yang dilaksanakan adalah Ujian Pengenalan Isi Alkitab, Ujian Pengenalan HKI dan Orientasi Tugas Pelayanan, yang di ujikan oleh Pucuk Pimpinan dan Ka. Dep. Marturya. Hadir dalam acara Pembukaan LPP I a.l Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus) dan Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris Jenderal), Pdt. M. Lumban Gaol, STh ( Ka.Dep. Marturya), dan Pdt. Happy Pakpahan (Sekretaris Executive Pucuk Pimpinan). Pada akhir kegiatan, Pucuk Pimpinan mengumumkan, bahwa berdasarkan hasil Ujian dan proses LPP 1 ini, dinyatakan ke 6 Peserta lulus LPP 1 dan kemudian diterima menjadi Calon Pendeta HKI. Diharapkan masing-masing Calon Pendeta untuk lebih memaksimalkan pelayanannya dilapangan dan tetap memberikan Laporan Tertulis 1 kali 2 bulan untuk kemudian dapat mengikuti proses LPP selanjutnya. (hp,-)