Tuesday, April 01, 2008

Bina Anak : 01 Mei 2008 - Hari Kenaikan Tuhan Yesus -


Kamis 01 Mei 2008
Hari Kenaikan Tuhan Yesus
Nats : Johannes 14: 1-6

Pendahuluan
Semua orang ingin hidupnya bahagia dan senang. Kebahagiaan dan kesenangan hidup hanya bisa didapatkan melalui satu cara yaitu percaya kepada Yesus Kristus. Yesus kristus adalah jalan menuju kebahagiaan. Barang siapa ingin bahagia ia harus percaya kepada Yesus. Alangkah bahaginya kita karena memilki Yesus Kristus. Orang kristen adalah orang yang paling berbahagia. Berbahagia karena mendapat anugerah dari Tuhan melalui Yesus Kristus. Orang kristen telah diselamatakan oleh pengorbanan Yesus di kayu salib. Ketika Yesus di dunia misinya adalah mengalahkan dosa- mengarahkan manusia kejalan yang benar. Saat Yesus naik kesorga Yesus tetap peduli kepada manusia yang sudah ditebusnya itu. Tugas yesus di dunia sudah selsai dan kini Yesus pergi ketempat Allah BapaNya untuk menyediakan tempat bagi manusia.

Penjelasan Nats
Untuk semua umur
Thema : Yesus Menyiapkan tempat bagiku
Karya Yesus untuk menyelamatkan manusia melalui pengorbanaNya di salib tidak berhenti samapai disitu saja. Yesus tetap berkarya untuk kebahagiann manusia, Yesus naik kesorga untuk menyediakan tempat yang indah bagi orang yang percaya padaNya.tempat yang disediakan Yesus adalah disebelah kanan Allah Bapa. Ketika mengingat bahwa Allah sudah duduk disebelah kanan Allah bapa, maka kita semakin percaya dan dipenuhi iman. Kita adalah orang yang sudah ditebus oleh darah Yesus kristus, kita tidak pernah dibiarkan sendiri, kita selalu di urus dan dilindungi supaya kita tidak keliru dan jatuh ketangan iblis. Kenaikan Yesus ke sorga menjadi sumber kebahagian utama bagi kita, karena tidak hnya hanya di dunia ini kita bersama dengan Dia tetapi disurga juga kita akan bersama dengan Yesus.
Yesus sudah menyelesaikan tugasnya di dunia, sekarang Yesus sudah kembali kerumah BapaNya, dan menyediakan tempat bagi kita disana. Tempat yang disediakan Yesus bagi kita adalah, suatu tempat yang penuh dengan kedamaian, penuh dengan kebahagiaan, semuanya lengkap, disana banyak teman yang baik dan tempat itu adalah tempat yang sejuk. Tidak da perkelahian disana, ditempat itu kita hanya memuji dan memuliakan Tuhan sepanjang hari, berdoa dan bernyanyi, menari sambil tertawa bahagia. Kita patut bersyukur karena Yesus begitu baik mau menyediakan temapt bagi kita di surga.
Ketika Yesus naik kesurga, Ia berpesan supaya kita mewartakan injil kepada orang lain. Pesan itu harus kita kerjakan dalam kehidupan kita. Mengajak teman dan saudara kita untuk kebaktian di gereja adalah salah satu cara mewartakan Injil. Jika orang tua kita malas berkebaktian di gereja, maka kita harus mengajaknya dan mengatakan supaya dia mau memuji Tuhan yang telah menyediakan tempat bahagia di surga. Di dalam kehidupan ini, kita juga harus meniru sikap Yesus yang berpihak pada orang lemah dan menyuruh orang bertobat. Mari kita ajak orang yang belum mengenl Yesus supaya mereka mau bertobat, meninggalkan sifat yang suka bermusuhan, suka berkelahi dn suka mencaci orang lain dan melawan terhadap orang tua.

Metode mengajar: Cerita dan alat peraga
Ceritakan ulang kisah Yesus naik ke surga, terangkat di atas awan putih dengan menunjukkan alat peraga gambar Yesus yang naik ke sorga. Ceritakan suasana bahagia penuh kedamaian, banyak teman dan semuanya lengkap ditempat yang disediakan Yesus bagi kita yaitu di Surga. Suatu saat Yesus akan turun lagi ke dunia untuk menjempu orang-orang percaya dan diangkat naik terbang ke surga supaya bersma dengan Yesus di sana.

Alat Peraga : Gambar Yesus naik ke sorga
Nyanyian Thema : 1Yesus sayang padaku Dia mati bagi ku, 2. Kumenang kumenang
Ayat hafalan : Kolose 3 : 1