Thursday, April 03, 2008

The 4th International Consultation on JPIC UEM


The 4th International Consultation on JPIC UEM: “Missionary Challenges in the Changing World, Batam, Indonesia: 10 – 17 February 2008

Sebagai bagian pelaksanaan Amanah Agung secara Holistik, Gereja-Gereja Anggota United Evangelical Mission (UEM) memandang perlu lebih menjangkau pelayanan bagi para Buruh. Pada tanggal 9 - 18 Pebruari 2008, di Hotel Turi Beach Resort, Nongsa-Kota Batam dilaksanakan The 4th International Consultation on JPIC UEM: “Missionary Challenges in the Changing world”Batam, Indonesia: 10 – 17 February 2008. Program ini memiliki Agenda memaksimalkan pelayanan Buruh secara khusus di P. Batam untuk kemudian sebagai Model Kerja bagi pelayanan buruh Gereja Anggota UEM. Batam dipilih sebagai lokasi Program karena memang sebagian besar anggota Jemaat Gereja-Gereja Anggota UEM di kota ini adalah sebagai pekerja/buruh diberbagai Perusahaan.
Hadir Utusan HKI sekaligus sebagai Ketua UEM Asia Executive Board: Pdt. Dr. Burju Purba ( Ephorus). Suatu kebanggaan tersendiri bagi Jemaat HKI Batam dimana pada kesempatan tersebut HKI terlibat langsung di tingkat Internasional. Hal ini terlihat dimana Ephorus HKI sebagai Ketua UEM Regional Asia.
Dalam kegiatan tersebut UEM ingin melihat secara langsung bagaimana kehidupan para pekerja secara sosial, budaya, keimanan serta dampak dari kota industri bagi masyarakat yang ada di kota Batam. Selain mengadakan sidang-pleno dan rapat-rapat; para peserta konsultasi juga mengadakan kunjungan langsung kepemukiman pekerja , penduduk rumah liar ( RULI ), meninjau kelestarian lingkungan hidup, human trafficking, tempat-tempat prostitusi, tak luput juga ditinjau tentang keberadaan status Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) di kota Industri, Batam.
Pada puncak acara dilaksanakan Ibadah Raya yang bertempat di Indoor stadium Tumenggung Abdul Jamal dengan dihadiri jemaat-jemaat Gereja-gereja anggota Sekber UEM yang ada di Batam. Ibadah juga diisi kidung pujian dari Trio ANDESTA dan Jhon Eliaman Saragih.
Pada penghujung rangkaian kegiatan, pada hari Minggu 17 Februari 2008 seluruh peserta rapat UEM melaksanakan kunjungan Ibadah Minggu ke Gereja-gereja anggota Sekber UEM yang ada di Batam. Jemaat HKI Batu Aji Lama pada kesempatan itu dikunjungi oleh peserta yang berasal dari Namibia Africa yaitu Pdt Elfrida Kotjizumo dan Ibu Imelda Matondang yang didampingi oleh Ephorus HKI, Pdt. Dr. Burju Purba.
Selesai pembacaan warta Jemaat dilaksanakan, sebagai perwakilan Jemaat HKI Batu Aji Lama, Pendeta Resot Batu Aji didampingi oleh Guru Jemaat HKI Batu Aji Lama, mewakili Penatua dan Jemaat, melakukan pemberian kenang-kenangan kepada kedua tamu tersebut dengan memberikan Ulos Batak Toba. Demikianlah yang dapat kami sampaikan liputan seputar kegiatan The 4th international consultation on JPICUEM: “Missionary Challenges in the changing world” UEM yang dilaksanakan di Kota Batam . Syalom, Horas.
Berita kiriman : St GP Panjaitan / Gr D Silaban S Th ; HKI Bengkong Indah Batam