Tuesday, April 01, 2008

Bina Anak : 6 April 2008


Minggu : 06 April 2008
Nats : II Timoteus 4:17-18

I. Pendahuluan
Setiap manusia merasa kesepian apabila ditinggalkan sendirian. Ketika kita kesepian, kita tentu mengharapkan orang lain, supaya kita di dampingi setiap saat. Kita akan merasa ketakutan tinggal di tempat yang sepi. Sebenarnya kita tidak pernah kesepian karena Tuhan tetap senantiasa mendampingi orang-orang percaya. Sebagaimana yang di alami oleh Rasul Paulus. Rasul Paulus di dalam memberitakan kabar baik tidak pernah merasa kesepian meskipun teman-temannya meninggalkan dia. Paulus merasakan bahwa Tuhan senantiasa mendampinginya.

II. Penjelasan Nats
Anak Balita/Kecil

Siapakah dari antara kalian yang pernah ditinggalkan sendiri dirumah? Bagaimana perasaannya? (Berilah kesempatan bagi anak didik untuk menjawabnya). Anak-anak tentu tidak mau ditinggalkan sendiri. Harus ada yang mendamping. Kita akan merasa ketakutan apabila bila tidak ada seorangpun yang menemani kita. Tetapi walaupun tidak ada yang menemani anak-anak Tuhan tidak mesti takut. Karena Tuhan senantiasa bersama-sama kita. Dia menemani kita, ketika nonton, tidur, makan, belajar dan apapun kegiatan kita. Ia selalu berada di dekat kita.
Paulus di dalam memberitakan kabar baik tidak takut walaupun hampir semua teman-temannya meninggalkan dia. Hampir semua temannya tidak mendampinginya ketika ia menghadapi banyak penderitaan sampai-sampai ia dipenjarakan. Kenapa adik-adik rasul Paulus tidak takut? Tuhan selalu mendampinginya. Bagaimanapun penderitaan yang dihadapi Paulus di dalam memberitakan kabar baik, ia tidak pernah takut walaupun banyak dari antara teman-temannya yang tidak mau mendamping. Ia percaya bahwa Tuhan senantiasa menjaga dan memilihara hidupnya. Ia tidak pernah merasakan sendirian di dalam memberitakan kabar suka cita kepada semua orang. Sekalipun teman-temannya meninggalkan dirinya, Paulus tidak pernah merasakan kesunyian. Tuhan menjaga dan memberikan kepadanya kekuatan sekalipun dari mulut Singa. Paulus percaya bahwa Allah akan menyelamatkannya dan memasukkannya ke dalam kerajaanNya di sorga. Perbuatan Allah atas Paulus tidak membuat dia lupa diri, ia senatiasa memuji dan memuliakan Allah.
Yesus Kristus senantiasa mendampingi hidup orang-orang yang percaya kepadaNya. Sedetikpun Ia tidak pernah meninggalkan kita. Ia tidak pernah membiarkan anak-anaknya merasa kesunyian apabila orang tua, kakak, abang tidak ada di rumah. Roh Kudus setiap saat menemani hidup kita. Kita tidak sendirian, Tuhan ada di samping kita. Oleh karena itu, anak-anak Tuhan tidak boleh menangis dan takut. Karena Allah telah menemani, melindungi, memelihara, menolong dan menyelamatkan kita, maka kita harus setiap saat memuji dan memuliakan Dia.

A. Tema : Memilih Acara TV menemani hari-hari anak SM
B. Tujuan :

· Supaya anak didik dapat menjelaskan arti tema
· Supaya anak didik dapat menyebutkan acara TV yang berguna
· Supaya anak didik dapat memilih acara yang cocok untuknya
· Supaya anak didik dapat membicarakan sisi positif dari tontonan yang berguna

C. Metode : Cerita + Diskusi
Dino adalah seorang anak desa yang pintar. Setelah tamat dari SD, ia terpaksa harus melanjutkan sekolahnya ke kota. Sebab di desa belum ada SMP. Karena jarak desanya dengan kota jauh terpaksa ia harus tinggal di tempat pamannya. Sekaligus untuk mengirit biaya. Pada bulan-bulan pertama, ia sangat senang berada ditengah-tengah keluarga pamannya. Paman, istri dan anak-anaknya begitu sayang kepadanya. Tetapi memasuki bulan kedua, anak-anak paman Dino mulai menjauhi dia. Mereka iri melihat keberhasilan Dino disekolah. Anak-anak pamannya itu tidak mau lagi bersama-sama dengan Dino untuk belajar dan bermain.
Walaupun anak-anak paman Dino tidak mau lagi mendampingi Dino, ia tidak pernah merasakan kesepian. Ia yakin bahwa Allah setiap saat mendampinginya. Untuk membuang segala ke sepian, setiap harinya ia membuka dan membaca firman Tuhan. Di dalam Alkitab Dino mendapat pengajaran bahwa Allah tetap senantiasa mendampingi umatnya. Ia tidak pernah membiarkan anak-anakNya berjalan sendiri. Tuhan adalah penolong setia Dino. Penolong setia anak-anak yang mau mendengar ajaran Tuhan. Allah senantiasa dekat di hari Dino. Tuhan tidak pernah meninggalkan meninggalkan umat yang dikasihiNya. Melalui cerita ini, anak-anak diajari supaya tidak takut berada di kesunyian. Walaupun tidak ada orang yang menemani kita, tetapi setiap saat Allah mendampingi, menolong kita. Ia selalu berada si samping kita. Roh Allah selalu menyertai kita sampai dunia ini berakhir.

D. Alat Peraga : Gambar TV dengan orang nonton

E. Nyanyian Tema : Ya Tuhan Bimbing aku (KJ. No. 406)

F. Ayat Hafalan : Roma 8:6
Anak Tanggung
Rasul Paulus di dalam memberitakan kabar suka-cita selalu menghadapi penderitaan. Banyak orang benci kepadanya karena pemberitaan firman Tuhan. Walaupun banyak yang membencinya, ia tetap saja memberitakan kabar baik tersebut. Akibat pemberitaannya, iapun di masukkan ke dalam penjara. Dipenjara Paulus tentu membutuhkan dukungan para teman-temannya (Bdk. Ketika Yesus berada di Getsemane, Iapun sangat membutuhkan dukungan murid-muridnya, Baca Mat. 26:46). Paulus ingin ditemani oleh sahabat-sahabatnya terlebih si Timotius. Akan tetapi, hampir semua temannya meninggalkannya (bdn. 2 Tim. 4:10). Iapun merasa kesepian. Bahkan di saat Paulus hendak diadili tak seorangpun dari antara orang Kristen Romawi yang mau menolong dia. Tidak seorangpun yang mau mengatakan bahwa Paulus tidak bersalah. Mereka semua takut untuk mendukung Paulus, sebagai pelayan Allah.
Walaupun tak seorang yang mau dari antara orang Kristen Romawi yang mendampingi dia, Paulus tidak takut. Sebab Tuhan senantiasa mendampinginya di dalam pemberitaan kabar baik. Betapapun jahatnya mereka, Allah membela dan berpihak kepada Paulus. Tuhan melepaskannya dari orang-orang yang berbuat jahat terhadapnya. Tuhan memberikan kepadanya kekuatan agar kabar baik dapat diberitakan kepada semua orang. Tuhan memberikan dia keselamatan. Tuhan melepaskannya dari mulut Singa dan menempatkan dia ditempat yang aman. Tempat di mana kita memperoleh kebahagian. Walaupun Paulus telah diselamatkan, ia tidak lupa memanjatkan syukur kepada Allah. Di dalam hidupnya, ia senantiasa memuji dan memuliakan Allah.
Seringkali kita merasakan kesepian kalau keluarga kita (ayah, ibu, kakak, abang) tidak ada dirumah. Mungkin kita takut, kalau ada orang yang berbuat jahat kepada kita. Melalui prikop ini, anak-anak Tuhan diajari bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita. Ia selalu bersama-sama dengan kita. Dia senantiasa mendampingi hidup kita. Roh Kudus tetap menjaga kita. Sebab itu janganlah takut. Karena Allah senantiasa mendampingi kita, maka anak-anak Tuhan yang baik haruslah senantiasa memuji dan memuliakan Tuhan.

A. Tema : Memilih Acara TV menemani anak-anak SM
B. Tujuan :
· Supaya anak didik dapat menjelaskan arti tema
· Supaya anak didik dapat menyebutkan acara TV yang berguna
· Supaya anak didik dapat memilih acara yang cocok untuknya
· Supaya anak didik dapat membicarakan sisi positif dari tontonan yang berguna

C. Metode : Cerita + Diskusi
(Ajaklah anak-anak sekolah minggu untuk menceritakan pengalamannya ketika ia tinggal seorang diri dirumah, setelah itu tanyakanlah kepada mereka bagaimana perasaannya)

D. Alat Peraga : Gambar TV dengan orang nonton

E. Nyanyian Tema : KJ. No. 406

F. Ayat Hafalan : Roma 8:6


Cln. Pdt. Darwin Saragi, S.Th