Thursday, April 03, 2008

Varia Kegiatan Dep. Diakonia : MBW edisi April-Mei 2008


VARIA Dep. Diakonia.
Pelatihan Peternakan Secara Organik di Kecamatan Lintong Ni Huta - Humbahas.
Pada tanggal 20 – 21 Februari 2008, Departemen Diakonia Huria kristen Indonesia (HKI) mengadakan pelatihan peternakan babi secara organik di kecamatan Lintong Ni Huta Humbang Hasundutan. Kegiatan dipusatkan di Kompleks Gereja HKI Sibuntuon. Pelatihan diikuti 50 orang anggota masyarakat, yang berlatar belakang denominasi Gereja yang berbeda seperti HKI, HKBP, Sidang Jemaat Allah, dll. Turut juga hadir dipelatihan ini para staf PPL Kecamatan Lintong Ni Huta.

Kerjasama Dep. Diakonia HKI & Pemkab Humbahas
Dalam rangka pemberdayaan ekonomi warga masyarakat melalui peternakan selaras lingkungan, maka pada tanggal 7-8 Februari 2008, Pemkab Humbang Hasundutan bekerjasama dengan Departemen Diakonia HKI melaksanakan Pelatihan Peternakan Babi secara Organik. Pelatihan terbuka bagi masyarakat di Humbahas dan dipusatkan di Desa Sait Ni Huta Dolok Sanggul. Rangkaian Materi Pelatihan yang dipandu oleh Pdt. Tigor Sihombing (Kepala Departemen Diakonia HKI) adalah sbb : 1). Pembukaan : Teori, 2). Penyulingan arang, 3). Tehnik Pembuatan Kandang babi Organik, 4). Pembuatan pakan babi melalu proses fermentasi.
Hadir dalam Pelatihan ini a.l Bupati Humbang Hasundutan, Drs. Maddin Sihombing, Msi ; Kepala Dinas Peternakan-Perikanan Humbahas, Ir. Josse Pardosi ; Kepala Tata Usaha Pemkab Humbahas, Sinaga, SH ; staff Dinas Peternakan Humbahas : Ir. M. Sihombing, Ir. N. Br. Naibaho (Kepala Unit Peternakan Babi Humbahas), Drh. Nella br. Simaremare, Ir. Rudi Simamora ; Pengurus dan anggota LM3, dan anggota Gereja.
Kegiatan ini diisi dengan praktek dan tanya jawab sekitar Peternakan Babi secara organik, yang semuanya sangat bermamfaat bagi para Peserta. Bupati Humbahas, Drs. Maddin Sihombing, MSi sangat antusias terhadap tehnology ini, dan beliau juga menyempatkan meninjau langsung ke kandang babi organik dan melihat bagian proses fermentasi.
Selanjutnya palatihan peternakan babi secara organik akan kembali dilaksanakan pada 15 Februari 2008, dengan materi pencampuran bahan-bahan fermentasi. (hp-)
Kerjasama Departemen Diakonia HKI – Kantor Pusat GKLI, Parlilitan
Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peternakan dan pertanian selaras lingkungan, maka pelatihan peternakan secara organik pun makin bersinergi difasilitasi oleh Gereja-Gereja. Salah satunya melalui Pelaksanaan Pelatihan Peternakan Secara Organik yang dilaksanakan kerjasama Departemen Diakonia HKI – Kantor Pusat Gereja Kristen Lutheran Indonesia (GKLI) yang dilaksanakan di Sihobonghobong – parlilitan.
Pelatihan berlangsung pada tanggal 9 – 10 & 16 Februari 2008, dan diikuti oleh warga Jemaat GKLI sebagai peserta. Rangkaian Materi Pelatihan yang dipandu oleh Pdt. Tigor Sihombing (Kepala Departemen Diakonia HKI) adalah sbb : 1). Pembukaan : Teori, 2). Penyulingan arang, 3). Tehnik Pembuatan Kandang babi Organik, 4). Pembuatan pakan babi melalu proses fermentasi. Turut hadir dalam pelatihan ini a.l Pdt. J. Sihotang, STh (Sekretaris Jenderal GKLI), E. Sinaga (Anggota DPRD Humbahas), Pdt. J. Saragih, dan para Staff Kantor Pusat GKLI. (hp,)
Pelatihan di HKI Resort Riau I Dumai.
Semangat peternakan selaras lingkungan ternyata telah bergema hingga ke Dumai, Riau. Hal ini secara konkret dilakukan dengan tekad para Jemaat HKI Resort Riau I Dumai untuk mengembangkan Peternakan babi secara Organik yang memang ramah lingkungan dan multi keuntungan. Pada tanggal 25 – 26 Februari 2008, bertempat di kompleks Gereja HKI Bukit Batrem, dilaksanakan Pelatihan Peternakan secara organinik dengan fasilitator Kepala Departemen Diakonia Huria Kristen Indonesia (HKI), Pdt. Tigor Sihombing. Pelatihan bersifat terbuka dan diikuti 60 orang anggota masyarakat, yang berlatar belakang denominasi Gereja berbeda seperti HKI, HKBP, GKPI.
Materi dalam pelatihan ini diawali sesi oleh Drs. Hutapea (Anggota DPRD Riau) dan dilanjutkan rangkaian Materi Pelatihan Peternakan Secara Organik.
Bagi jemaat yang berminat mendapatkan informasi dan mengadakan pelatihan peternakan secara organik ( Babi, Ikan, Kambing, Lembu, Unggas, dll ) dapat menghubungi Departemen Diakonia HKI di Kantor Pusat HKI atau melalui email : dep.diaconia@hki-online.or.id. Departemen Diakonia HKI juga mengajak kepada seluruh warga HKI menjadi pelopor beternak dan bercocok tanam selaras lingkungan. Wasalam. (hp,-).