Tuesday, April 01, 2008

Bina Anak : 25 Mei 2008


Minggu 25 Mei 2008
Nats : Kisah Para Rasul 16: 13-15


Pendahuluan
Enam hari lamanya Allah menciptakan segala sesuatunya. Pada hari ketujuh Allah beristirahat. Allah memberikan hari-hari itu kepada manusia untuk diisi dengan bekerja dan memuji Tuhan. Hari yang ketujuh atau disebut juga’sabbat’mempunyai arti yang luas. Bukan saja kita berhenti dari segala pekerjaan kita pada hari itu, tetapi juga harus memanfaatkannya untuk mengadakan perjumpaan khusus dengan Allah.

Penjelasan Nats
1. Untuk anak balita/Anak kecil
Thema : Nama-nama hari
Dalam satu minggu itu ada tujuh hari, dihitung mulai dari hari senin – selasa – rabu – kamis – jumat - sabtu dan minggu. Hari yang ketujuh itu yang disebut dengan hari sabbat yang berarti hari perhentian. Karena semua hari itu adalah pemberian Tuhan kepada manusia, maka semua harihri itu harus diisi dengan kegiatan yang berguna. Anak sekolah biasanya bersekolah pada hari senin sampai dengan hari sabtu kemudian pada hari minggu beristirahat dan pergi ke gereja untuk beribadah kepada Tuhan. Pada siang hari kita harus bekerja dan pada malam hari kita harus istirahat tidur. Nats kita berbicara bahwa pada hari sabbat itu kita harus pergi ketempat beribadah bersama dengan orang lain yang mau beribadah, berkumpul bersama dan memuji Tuhan serta berdoa. Ada enam hari waktu bagi kita untuk bekerja, coba kita tekadkan dalam hati kita supaya selama enam hari kita dapat benar-benar bekerja.

Metode mengajar: Cerita dan alat peraga
Si Horas adalah seorang anak yang baik, ia adalah anak yang rajin bekerja dan pintar disekolah. Setiap hari setelah pulang dari sekolah, ia harus membantu orang tuanya berjualan di pasar. Meskipun si Horas sibuk bekerja, namun ia tidak pernah lupa mengerjakan tugas-tugasnya dan tidak pernah ketinggalan dari mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah. Saat si Horas bekerja membantu orang tuanya, ia selalu membawa serta buku pelajaran ke tempat orangtuanya berjualan. Saat-saat pembeli sepi ia sempatkan untuk membaca dan mengerjakan tugas-tugasnya. Pada sore harinya setelah pulang dari berjualan, si Horas turut serta bekerja di rumah membereskan segala sesuatunya dan membantu ibunya memasak. Setelah selesai memasak ia mandi dan makan malm bersama keluarga. Pada malam harinya ia lanjutkan belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah yang belum selesai. Demikianlah kehidupan si Horas setiap harinya yang penuh dengan kesibukan, namun tidak lupa untuk belajar dan mengerjakan tugasnya.

Alat Peraga :
Gambar sekumpulan ank-anak yang sedang beribadah di gereja dan gambar sekumpulan anak-anak yang bersekolah

Nyanyian Thema : 1. Hari ini kurasa bahagia, 2. Senin, Selasa,,,

Ayat hafalan : Ibrani 4: 16

2. Untuk Usia Tanggung
Thema : Menghargai Waktu
Orang yang selalu kerjanya berleha-leha, duduk-duduk dan melamun adalah orang tidak menghargai waktu. Banyak orang membiarkan waktu hidupnya terbuang dan berlalu begitu saja percuma. Orang kristen tidak boleh seperti itu, kehidupan orang Kristen adalah khidupan yang disiplin. Kehidupan yang disiplin tidak terlepas dari pemakaian waktu yang disiplin pula. Jika ingin menjadi seperti Yesus, maka kita harus mendisiplinkan diri memakai waktu. Kenapa kita harus menggunakan waktu secara disiplin ? karena iblis mau mencuri waktu yang diberikan Tuhan kepada kita, misalnya iblis menggoda kita untuk menghabiskan waktu di depan TV saja menonton sehingga lupa mengerjakan tugas atau lupa makan dan mandi.
Kita harus menghargai waktu, karena waktu yang diberikan Tuhan sangat terbatas, hidup kita di dunia ini hanya sekali saja. Selagi masih ada waktu mari manfaatkan untuk hal-hal yang berguna. Waktu terus berjalan dan tidak bisa diulang lagi, jangan membuang-bung waktu karena suatu saat Tuhan akan meminta pertanggungjawaban dari kita, apakah kita menghargai waktu sepanjang hidup kita. Datanglah ke sekolah sesuai waktu yang ditentukan, jangan terlambat. Pulang dari sekolah sesuai dengan waktunya. Setiap hari kita harus mengatur jadwal kegiatan secara teratur mulai dari bangun pagi, mandi, sarapan, pergi sekolah, tidur siang, mengerjakan tugas, bermain, menonton TV, makan malam, tidur, dan sebagainya. Orang yang dapat mengatur jadwal kegiatannya setiap hari adalah orang yang disiplin, dan orang yang disiplin adalah orang yang akan berhasil kelak.

Metode mengajar: Diskusi dan tanya jawab
Anak-anak disuruh menyebutkan pekerjaan-pekerjaan mereka setiap harinya mulai dari bangun pagi hingga malam hari.
Diskusikan berapa jam waktu anak-anak yang dipakai untuk bermain-main dan berapa jam waktunya untuk mengerjakan tugasnya.

Alat Peraga : Jam dinding berukuran besar

Nyanyian Thema : 1. Hari ini-hari ini harinya Tuhan, 2. Habis tidur ku terus mandi, 3. Hari lepas hari

Ayat hafalan : Ibrani 4: 16

Pdt. Berton Silaban