Tuesday, April 01, 2008

Bina Anak : 11 Mei 2008


Minggu 11 Mei 2008
Nats : II Raja-raja 5: 1-3

Pendahuluan
Seseorang yang dalam keadaan terdesak atau tertekan baik karena penyakit yang dialaminya maupun karena desakan waktu, tidak mengerti, ataupun karena stress dan panik akan menderita dan kebingungan. Dalam situasi seperti itulah petunjuk dan informasi dari orang lain sangat dibutuhkan supaya dapat memberikan jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi. Orang yang kebingungan, sakit, menderita, dan yang keliru sangat membutuhkan arahan, bimbingan dan petunjuk agar ia mampu menghadapi masalalahnya. Kita harus mau menolong orang seperti itu dengan memberi petunjuk dan bimbingan.

Penjelasan Nats
1. Untuk anak balita/Anak kecil
Thema : Menunjukkan
Seorang gadis telah membantu seorang panglima tentara raja Aram. Panglima tentara itu bernama Naaman, ia sedang sakit kusta yaitu penyakit gatal-gatal dan membusuk pada semua kulit badannya. Naaman sudah sangat bingung mencari seorang yang dapat mengobati penyakitnya itu, namun tak kunjung ketemu. Tiba-tiba seorang gadis memberitahukan kepada isteri Naaman tentang sorang yang dapat menyembuhkan penyakitnya itu. Orang yang ditunjukkan gadis itu adalah seorang nabi. Berdasarkan petunjuk gadis itu Naaman pergi menjumpai nabi tersebut. Nabi itu menyuruhnya mandi di sungai Jordan sebyak 7 kali terus menerus, sehingga penyakitnya menjadi sembuh. Naaman sangat bersyukur dan berterimakasih karena bantuan gadis itu penyakitnya menjadi sembuh.
Kita juga dapat membantu seseorang dengan menunjukkan atau memberitahukan kepadanya tentang apa yang diperlukannya atau menunjukkan apa yang dicarinya. Jika teman kita kehilangan sesuatu barangnya kita dapat memberitahukannya jika kita mengetahuinya dimana. Atau kita dapat menunjukkan kepada ayah kita di rumah jika ayah mencari-cari sepatunya yang hilang, kita juga dapat membantu orang lain dengan menunjukkan kepadanya dimana tempat membuang sampah yang baik, supaya tidak membuang sampah dengan sembarangan. Atau menujukkan kepada Kakek kita dimana dia meletakkan kaca matanya.

Metode mengajar: ceritakan kisah di atas sambil mendemonstrasikan
Demonstrasikan di depan anak sekolah minggu; rentangkan tangan dan menunjukkan dengan jari telunjuk (di sana..di sini.. di atas meja, di kamar, di dapur di bawah lemari, dll) sambil menunjuk sesuatu yang dicari.

Alat Peraga : ---

Nyanyian Thema : 1. Disini senang, disana senang, 2. Ya Tuhan bimbing aku dijalanku

Ayat hafalan : Roma 12: 17b

2. Untuk Usia Tanggung
Thema : Memberi Petunjuk
Membantu atau menolong seseorang tidak hanya dengan memberikan uang, makanan, dan tumpangan. Membantu orang lain dapat juga dilakukan dengan memberi petunjuk, memberikan pendapat atau usul, menyumbangkan buah pemikiran, memberitahukan atau menunjukkan sesuatu kepada seseorang atas apa yang dicarinya atau dipertanyakannya.
Dalam perikop kita, Seorang Panglima tentara yang bernama Naaman sedang sakit kusta. Kulitnya gatal dan busuk, ia sangat menderita sekali. Rajanya Aram sangat sayang pada Naaman karena ia banyak membawa kemenangan kepada raja terutama dalam peperangan. Naaman dan istrinya menjadi sedih dan kebingungan karena mereka tidak tahu siapa yang dapat mengobati penyakitnya itu. Pada suatu ketika seorang gadis pembantu mereka memberi petunjuk kepada isteri Naaman supaya pergi menjumpai seorang nabi di Israel dan berobat padnya. Segera setelah mendapat pentunjuk dari gadis itu Naaman pergi kepada nabi Elisa di Israel untuk memohon kesembuhan. Nabi Elisa menyuruh Naaman mandi di sungai Jordan sebanyak 7 kali. Setelah mandi sebanyak 7 kali penyakit kusta yang dialami Naaman menjadi sembuh
Berkat petunjuk yang diberikan gadis itu, panglima Naaman tertolong, iamenjadi sembuh dan sehak kembali. Gadis itu telah membantu Naaman dengan memberitahukan seeorang yang dapt menyembuhkan penyakitnya. Cara gadis iu membantu bukan dengan memberi uang agar dapat berobat, bukan pula dengan memberikan tenaganya untuk menolong Naaman. Gadis itu telah membantu melalui informasi, memberi petunjuk yang baik dan benar. Sikap gadis itu adalah sikap yang sangat terpuji.

Metode mengajar: Cerita
Ada seorang kakek-kakek yang sudah tua datang dari kampung ke kota untuk menjumpai cucunya. Dari kampung kakek itu naik bus dan setibanya di kota ia turun tepat didepan rumah seorang anak sekolah minggu yang bernama si Desy. Kakek itu sudah lupa dimana alamat rumah cucunya itu. Kakek itu melihat si Desy yang kebetulan sedang menyiram bunga dihalaman rumahnya, kemudian menjumpainya dan bertanya:
Kakek : Selamat sore nak! Boleh nompang tanya ?
Desy : Selamat sore Kek, ada apa ya Kek? Ada yang bisa saya bantu kek?
Kakek : saya mau menjumpai cucu saya di kota ini, tetapi saya lupa dimana alamatnya rumahnya. Yang saya ingat rumahnya dekat terminal pas disamping gereja. Boleh tidak tidak beritahu saya dimana itu ya?
Desy : Oh iya saya tahu kek, itu dekat kok, mari saya antar kek.
Desy mengantarkan kakek itu ke rumah cucunya, yang kebetulan terletak tidak jauh dari rumahnya. Setelah mengantarkan kakek itu Desy pulang dan meneruskan pekerjaannya.

Alat Peraga : gambar tangan dengan jari menunjuk

Nyanyian Thema : 1. Tiap langkahku di atur oleh Tuhan, 2. Tuhan berikan petunjukMu, 3. Ya Tuhan bimbing aku di jalanku

Ayat hafalan : Roma 12:17b

Pdt. Berton Silaban