Tuesday, April 01, 2008

Bina Anak : 18 Mei 2008


Minggu 18 Mei 2008
Nats : Amsal 6: 6-11

Pendahuluan
Manusia disebut sebagai homo fabre artinya ”manusia yang selalu bekerja”. Sebahagin besar hidup manusia dihabiskan untuk bekerja. Selama masih hidup mka haruslah bekerja, karena dengan bekerja manusia dapat mengekspresikan diri dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Bekerja adalah anugerah Tuhan, selagi masih ada waktu bekerjalah dengan baik dan jangan membuang-buang waktu dengan hanya tidur-tiduran, bermalas-malasan dan sebagainya.

Penjelasan Nats
1. Untuk anak balita/Anak kecil
Thema : Pekerjaan Rumah (PR)
Setiap orang memiliki pekerjaan dan kesibukan yang berbeda-beda. Hampir setiap hari melakukan berbagai kegiatan rutinitas kita, misalnya : bermain, mandi mengerjakan PR, nonton TV, dll. Adik-adik kecil misalnya bekerja di rumah menemani ibu dan saudara-saudara yang lain, bagi yang sudah sekolah dirumah biasanya mengerjakan PRnya dari sekolah. Anak yang rajin biasanya mengerjakan PR nya tanpa harus terlebih dahulu disuruh oleh orang tua. Setiap tugas harus dikerjakan, jangan hanya menghabiskan waktu menonton TV seharian. Sebaiknya usahakan terlebih dahulu mengerjakan tugas-tugas di rumah baik membersihkan rumah, mengerjakan tugas dari sekolah dan setelah selesai belajar dan mengerjakan PR barulah boleh bermain-main dengan teman. Jangan bermain sebelum tugas selesai. Sepulang dari sekolah langsung makan dan beristirahat sebentar, kemudian mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jika kita tidak rajin mengerjakan tugas maka kita akan bodoh, dan sikeolah akan dimarahi oleh guru. Demikian juga di rumah jika tugas-tugas kita tidak kita kerjakan kita pasti akan dimarahi oleh ayah dan ibu. Sebaliknya jika kita rajin mengerjakan tugas, kita akan pandai dan disenangi orang tua dan guru disekolah. Pada malam hari sebaiknya kita tidak tidur sampai larut malam. Tidur kita harus cukup supaya tubuh kita segar pada saat bangun esok paginya.

Metode mengajar: Cerita dari gambar
Ceritakan kepada anak-anak sambil menunjukkan gambar seorang yang sedang mengerjakan PRnya di rumah. Dalam gambar itu diceritakan bahwa anak rajin belajar menulis, berhitung, dan menggambar, dsb. Ceritakan bahwa anak tersebut selalu mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu untuk diperiksa oleh gurunya.

Alat Peraga : Gambar anak yang sedang mengerjakan PR

Nyanyian Thema : 1. Kerja buat Tuhan selalu Manise, 2. Jangan Lelah bekerja di ladangnya Tuhan

Ayat hafalan : Amsal 6: 6

2. Untuk Usia Tanggung
Thema : Mengerjakan Tugasku
Rajin pangkal pandai, malas pangkal bodoh. Pepatah melayu ini adalah benar, siapa yang mau pandai ia harus rajin belajar dan siapa yang suka bermalas-malasan sudah pasti akan bodoh. Setiap orang diberikan waktu yang sama oleh Allah setiap hari. Apakah waktu yang diberikan oleh Allah itu lebih banyak kita gunakan untuk bekerja daripada bermain-main atau bermalas-malasan saja. Coba lihat binatang semut, ia rajin sekali bekerja :

Semut jarang istirahat, terus bekerja mengumpulkan makanannya.
Kalau ada makanan, semut tidak langsung menghabiskannya, mereka memakan hanya secukupnya saja. Mereka berhemat supaya ada makanan untuk esok harinya.
Tidak makan sendiri. Semut suka berbagi makann dengan sesama temannya. Setiap makanan yang didapat dibawa dalam sarangnya untuk dinikmati bersama sudaranya.
Jika ada beban yang berat mereka bergotong royong bersama secara beramai-ramai untuk memikul beban bersama sehingga menjadi ringan.
Semut sangat kompak dan ramah, santun yang satu terhadap yang lain, setiap kali bertemu dengan yang lain mereka saling peluk cium dan tegur sapa.

Alangkah indahnya persekutuan dan persaudaraan jika susananya seperti pesaudaraan semut tadi. Dapat saling bekerja sama dan ramah, saling membantu dan saling menguatkan. Sebagai anak, kita di rumah harus turut ambil bagian dalam pekerjaan di rumah misalnya menyiram bunga di halaman, menyapu rumah, dll. Selain itu kita harus mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dari sekolah. Jika kita rajin bekerja kita pasti berhasil dan sukses pada masa depan

Metode mengajar: diskusi dan Tanya Jawab

Tanyakan kepada anak sekolah minggu :
Sebukan sifat-sifat semut yang perlu diteladani oleh manusia
Siapa dari antara murid yang rajin mengerjakan PR nya setiap hari
surulah anak menyebutkan pekerjaan rutin mereka setiap hari.

Alat Peraga :---
Nyanyian Thema : 1. Kerja buat Tuhan Selalu manise, 2. Jangan lelah bekerja di ladangnya Tuhan
Ayat hafalan : Amsal 6:6