Thursday, April 03, 2008

Rapat Konven Pendeta HKI 2008 & Tona Rapat : Berita Kegiatan MBW edisi April-Mei 2008

Rapat Konven Pendeta HKI Tahun 2008 & Tona Rapat

Konven Pendeta (KP) adalah persekutuan para pendeta HKI yang aktif, yang menjadi kelengkapan HKI di Pusat, dalam usaha untuk mencapai visi dan misi HKI. Konven Pendeta (KP) HKI ini sendiri adalah wadah permusyawaratan Pendeta, bertujuan membahas, mengkaji serta merumuskan ajaran, teologi, dan usaha-usaha pengembangan HKI ; mengupayakan usaha-usaha bersama Pendeta HKI demi peningkatan kesejahteraan sosial Pendeta HKI ; merumuskan hal-hal yang dirasa penting disampaikan kepada PP dan Majelis Pusat sebagai saran dan pendapat serta masukan demi kemajuan HKI, dan tujuan fungsional lainnya. Konven Pendeta HKI mengadakan rapat sedikitnya satu kali satu tahun.
Pada tahun 2008 ini, Konven dilaksanakan pada tanggal 11-14 Maret 2008 bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Pusat HKI di Pematang Siantar. Rapat diawali Ibadah yang dilaksanakan di HKI Melanthon Siregar. Ibadah dilayani oleh Ephorus HKI, Pdt. Dr. B. Purba sebagai Pengkhotbah, dan Pdt. Jansen Simanjuntak, STh sebagai Liturgist. Selesai Ibadah, dilaksanakan Pembukaan Rapat oleh Pucuk Pimpinan HKI. Pdt. Firman Sibarani, MTh sebagai Ketua Konven Pendeta HKI, menyampaikan bahwa Rapat kali ini dihadiri oleh 133 dari 149 Pendeta yang aktif di HKI, baik yang melayani di Kantor Pusat HKI, Badan Oikumene, dan dari 8 Daerah Pelayanan.
Materi Pembahasan pada Rapat Konven Pendeta kali ini, antara lain :
1. Evaluasi Keputusan Rapat Konven Pendeta Tahun 2007
2. Ceramah Tema, Oleh Pdt. Dr. Langsung Sitorus
3. Presentase Rancangan Kode Etik Pendeta, oleh Tim Penyusun
4. Ceramah : Babtisan, Oleh Pdt. M. Lumban Gaol, STh ( Ka.Dep. Marturya )
5. Ceramah : Pemberkatan Perkawinan, Oleh Pdt. H.R Panjaitan, Cand. D. Min
6. Presentase : Konsep Pendeta Yang diperbantukan
7. Kajian terhadap TTG HKI Tahun 2005
8. Informasi Keuangan dan program, Oleh PP HKI
9. Kelompok dan Pleno.
10. Sharing Pelayanan
Rapat Konven Pendeta HKI Tahun 2008 ditutup pada hari Jumat, 14 Maret 2008, dengan pemberian secara simbolik hasil-hasil Rapat Konven kepada Pucuk Pimpinan HKI oleh Ketua Konven Pendeta, Pdt. Firman Sibarani, MTh. Dan sebelum kembali ke tempat pelayanannya masing-masing, Peserta mengikuti rangkaian Ibadah dan Perjamuan Kudus yang dilayani oleh Pdt. Dr. B. Purba (Ephorus), Pdt. R. Simanjuntak, BD (Sekretaris jenderal) dan Pdt. Firman Sibarani, MTh (KKP). (hp,-)

TONA NI RAPOT PANDITA HKI TAON 2008
Mandapothon nahinaholongan sude parhalado dohot ruas ni HKI di ingananta be. Tabe mardongan parhorasan ma di hamu saluhutna. Di bagasan asi dohot holong ni roha ni Tuhan Debata, dipatupa hurianta do Rapot Pandita na di tanggal 11-14 Maret 2008 maringanan di Gedung Serba Guna HKI Pematang Siantar, na nidohotan ni 133 halak pandita HKI. Marojahan do parrapoton i sian Hata ni Debata na tarsurat di 1 Korintus 10 : 16 – 17: “Siinumon pasupasu i, on ma na tahamauliatehon, nda parsaoran ni mudar ni Kristus do i? Roti na taponggoli i, nda parsaoran ni daging ni Kristus i? Ala sada do roti i gabe sadaging do hita torop, ai saluhut do hita partohap di roti na sasada i”.
Godang do di hatai di parrapoton i na hombar tu panghobasion di tonga-tonga ni hurianta HKI, ima taringot tu :
 Sakramen Pandidion tu posoposo
 Ulaon Hapanditaon Diperbantukan
 Peneguhan Parsaripeon
 Tata Gereja

Laos marhite on hutonahon hami:
1. Tatangiangkon ma sangkap ni hurianta nanaeng patupahon Sinode Kerja ke-58 Tanggal 22-25 Juli 2008 maringanan di Berastagi.
2. Tatangiangkon ma angka program kerja di hurianta di bagasan tahun on, mulai tingkat pusat, daerah, resort dohot jemaat.
3. Tatangiangkon ma sangkap ni hurianta na naeng patupahon Kongres PW bulan April 2008 maringanan di gedung Serbaguna HKI.
4. Tatangiangkon ma angka donganta na mangadopi angka hamaolon alani bencana alam (Banjir dohot Gempa Bumi; tarlumobi hurianta na di Bengkulu)
5. Taharingkothon ma manjaga kelestarian alam, isarani: manuan hau di alaman ni garejanta be, dalanta parsidohot mengantisipasi dampak pemanasan global.
6. Lam taharingkothon ma manghapadothon angka ulaonta siganup ari mardongan tangiang huhut malo mamangke angka silehon-lehon ni Debata.
7. Sude ma hita mamangke hak pilihta di PILKADA di angka luatta be, jala tapadao ma angka hagunturon na boi manghorhon hasesega di masyarakat songoni nang di huria.

Songoni ma hupasahat hami tona ni Rapot Pandita on tu sude ruas ni hurianta. Sai dipasupasu Debata ma hita saluhutna di ganup tingki, inganan dohot angka ulaonta. Horas!!!

Pematang Siantar, Maret 2008